Atik Khoiroh (2012) Peran Dukungan Sosial Terhadap Pembentukan Self Esteem Yang Tinggi Pada Remaja Tunanetra Di Sekolah Khusus. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (676kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (595kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (604kB) |
|
Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (728kB) |
|
Text (BAB II)
5. BAB II PERSPEKTIF TEORITIS.pdf Restricted to Registered users only Download (735kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (706kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (973kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (642kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (783kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dukungan sosial dalam pembentukan self esteem remaja tunanetra di sekolah khusus. Dukungan sosial yang dimaksud adalah dukungan emosional, dukungan penghargaan, dukungan instrumental, dukungan informasi, dan dukungan jaringan sosial. Sedangkan self esteem yang dimaksud adalah penilaian pribadi terhadap suatu perasaan berharga yang diekspresikan ke dalam sikap-sikap yang dipegang oleh individu (Coopersmith, 1967). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan grounded theory. Penelitian ini dilakukan pada remaja tunanetra yang mempunyai self esteem yang tinggi dengan jumlah subyek 2 orang dengan sampel ekstrim agar data kaya akan informasi. Cara memperoleh subyek dilakukan dengan teknik purposive agar diperoleh data yang representatif sesuai tema penelitian.Penggalian data dilakukan dengan teknik wawancara dan catatan lapangan. Data yang diperoleh dianalisa dengan koding terhadap hasil transkrip wawancara yang telah dibuat verbatim dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk dukungan sosial yang paling banyak diterima oleh remaja tunanetra di sekolah khusus adalah dari lingkungan sekolah. Kedua individu dalam penelitian ini menerima bentuk dukungan sosial yang sama kecuali bentuk dukungan jaringan sosial yang hanya diperoleh salah satu individu. Tidak semua dukungan sosial yang diterima dapat membentuk self esteem yang positif pada remaja tunanetra. Persepsi juga ikut mempengaruhi peran dukungan sosial terhadap pembentukan self esteem. Dukungan sosial yang dipersepsikan secara positif akan membentuk self esteem yang positif pada diri individu.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dukungan Sosial, Pembentukan Self Esteem Yang Tinggi, Remaja Tunanetra, Sekolah Khusus | ||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1050.9-1091 Educational psychology | ||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Novita | ||||||
Date Deposited: | 07 May 2021 17:43 | ||||||
Last Modified: | 07 May 2021 17:43 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106954 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |