Haibatul Iftinah Al Azhariyah (2021) Kemampuan Pengujaran Kata Pada Anak Melalui Media Gambar Di TK DWP Kambingan, Cerme-Gresik: Kajian Psikolinguistik. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL .pdf Download (469kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (195kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (251kB) |
|
Text (BAB I)
4. BAB I.pdf Download (268kB) |
|
Text (BAB II)
5. BAB II.pdf Restricted to Registered users only until 6 August 2024. Download (401kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only until 6 August 2024. Download (223kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only until 6 August 2024. Download (990kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
8. BAB V.pdf Restricted to Registered users only until 6 August 2024. Download (329kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (246kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN .pdf Restricted to Registered users only until 6 August 2024. Download (651kB) | Request a copy |
|
Text (KESEDIAAN PUBLIKASI)
11. KESEDIAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Registered users only Download (511kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian tentang kemampuan pengujaran kata pada anak di TK DWP Kambingan, Cerrme-Gresik ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pengujaran kata terutama dalam segi fonologis pada anak TK DWP Kambingan, Cerme-Gresik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data diambil dengan menggunakan teknik simak libat cakap ditambah dengan teknik rekam serta catat. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini berlandaskan pada teori psikolinguistik. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan setiap anak TK berbeda-beda. Perbedaan yang ditemui yaitu pengujaran fonem-fonem tertentu sedangkan kesamaan yang terdapat pada penelitian ini yaitu pengujaran awalan atau prefiks yang mengalami kekurangan. Dari 22 media gambar yang diberikan peneliti, sebagian besar anak TK tidak mampu mengujarkan fonem-fonem tertentu dan tidak sempurna dalam mengujarkan awalan. Demikian pula perbendaharaan kosakata yang dimiliki mengalami kekurangan sehingga mengakibatkan pengujaran kata dasar tidak sempurna. Ditinjau dari kajian psikolinguistik, faktor penyebab anak TK yang dikaji tersebut adalah karena perasaan peka setiap anak berbeda-beda sehingga sesuatu yang ditangkap oleh otak anak juga tidak sama.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FS.BI.57-21 Azk k | ||||||
Uncontrolled Keywords: | kemampuan, pengujaran kata, anak, TK, psikolinguistik. | ||||||
Subjects: | P Language and Literature P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051-5497 Malayan (Indonesian) languages |
||||||
Divisions: | 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Jadik jdkyanto Wijayanto | ||||||
Date Deposited: | 23 Sep 2021 07:45 | ||||||
Last Modified: | 24 Jun 2022 06:41 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/109134 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |