Disa Ayu Rahmawati, - (2021) Analisis Strategi Penanganan Kredit Bermasalah Pada Produk Kredit Usaha Rakyat (KUR) Retail Di Bank Rakyat Indonesia Cabang Surabaya Pahlawan. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL .pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
4. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB II)
5. BAB II.pdf Restricted to Registered users only until 30 September 2024. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only until 30 September 2024. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only until 30 September 2024. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
8. BAB V.pdf Restricted to Registered users only until 30 September 2024. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text (KESEDIAAN PUBLIKASI)
11. KESEDIAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) | Request a copy |
|
Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 30 September 2024. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Perekonomian di Indonesia besar ditunjang melalui sektor usaha mikro, kecil dan menengah dan koperasi. Nasabah dimudahkan untuk membiayai usaha dengan kredit pada bank sehingga bank dapat menyalurkan kredit dengan besar. Pada kondisi pandemi COVID-19 ini membuat banyak nasabah mengalami kredit bermasalah sehingga risiko kredit bermasalah juga meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor apa saja yang mempengaruhi kredit bermasalah, untuk mengetahui strategi penanganan dalam menyelesaikan kredit bermasalah sebelum dan saat pandemi COVID-19 dan apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung dalam strategi penyelesaian kredit bermasalah terhadap produk Kredit Usaha Rakyat (KUR) Retail PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Surabaya Pahlawan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi berupa data pada bank. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa debitur dapat mengalami kredit bermasalah melalui faktor internal seperti, debitur tidak jujur dalam penggunaan kredit maupun faktor eksternal seperti, kondisi pandemi COVID-19 yang sedang dialami di Indonesia. Upaya penanganan kredit bermasalah dilakukan melalui Rescheduling, Restructuring dan Reconditioning. Tentunya ada dari upaya penanganan yang dilakukan adanya faktor hambatan dari debitur seperti, debitur tidak melaporkan kondisi secara jujur serta adanya factor pendukung seperti, proses Restrukturisasi yang tergolong cepat dan pihak bank yang selalu mengawasi secara berkala.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir D3) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FV.MPb.10-21 Rah a | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Kredit Bermasalah, Rescheduling, Resctructuring dan Reconditioning. | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking | ||||||
Divisions: | 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Manajemen Perbankan | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Jadik jdkyanto Wijayanto | ||||||
Date Deposited: | 30 Sep 2021 05:14 | ||||||
Last Modified: | 24 Jun 2022 06:37 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/110768 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |