Zakiyah Aslamiyah, - (2020) Hubungan Asi Eksklusif, Pola Asuh, Dan Intensitas Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Prasekolah Di Kecamatan Genteng Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL .pdf Download (218kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK .pdf Download (118kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI .pdf Download (168kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
4. BAB 1 PENDAHULUAN .pdf Download (190kB) |
|
Text (BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA)
5. BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA .pdf Restricted to Registered users only until 9 November 2024. Download (290kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 KERANGKA KONSEPTUAL DAN HIPOTESIS)
6. BAB 3 KERANGKA KONSEPTUAL DAN HIPOTESIS .pdf Restricted to Registered users only until 9 November 2024. Download (122kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 METODE PENELITIAN)
7. BAB 4 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 9 November 2024. Download (247kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 HASIL DAN ANALISIS PENELITIAN)
8. BAB 5 HASIL DAN ANALISIS PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 9 November 2024. Download (134kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 6 PEMBAHASAN)
9. BAB 6 PEMBAHASAN .pdf Restricted to Registered users only until 9 November 2024. Download (153kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 7 KESIMPULAN DAN SARAN)
10. BAB 7 KESIMPULAN DAN SARAN .pdf Restricted to Registered users only until 9 November 2024. Download (112kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (211kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
12. LAMPIRAN .pdf Restricted to Registered users only until 9 November 2024. Download (627kB) | Request a copy |
|
Text (KESEDIAAN PUBLIKASI)
13. FK.BID.12-21-Publikasi Zakiyah (1) (1) (1) (1) - zakiyah aslamiyah.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) | Request a copy |
Abstract
Latar Belakang: Masa anak prasekolah atau anak usia 3-5 tahun termasuk dalam usia balita. Perkembangan anak pada usia balita sangat pesat yang menjadikan momentum penting untuk orangtua dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak termasuk perkembangan sosial dan emosionalnya. Perkembangan sosial emosional dapat dikatakan berhasil jika anak mampu dalam berkomunikasi, mengekspresikan dan mengendalikan emosinya, sehingga mereka mampu bersosial dan diterima di lingkungannya. Keberhasilan tumbuh kembang anak dapat dilihat dari pemenuhan kebutuhan dasar yang diperolehnya, seperti pemberian ASI eksklusif sebagai pemenuhan asuh anak, bagaimana pola pengasuhan orangtua sebagai pemenuhan kebutuhan asihnya, dan penggunaan gadget anak yang mana dapat menjadi bias dalam memberikan stimulus sebagai kebutuhan asah anak. Metode: Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Jumlah responden sebanyak 84 responden dengan teknik simple random sampling dari data populasi yang telah diketahui sebelumnya. Pengambilan data penelitian ini menggunakan kuesioner secara online. Analisis data menggunakan uji chi square. Hasil: Hasil menunjukkan anak prasekolah dengan ASI eksklusif 55,9% dan tidak ASI eksklusif 44,1%. Pola asuh yang diterapkan kepada anak prasekolah yaitu pola asuh demokratis 65,4%, otoriter 29,8%, dan permisif 4,8%. Intensitas penggunaan gadget anak dengan kategori tinggi 57,1%, sedang 29,8%, dan rendah 13,1%. Hasil uji chi square data ASI eksklusif p = 0,047 (p < 0,05), pola asuh p = 0,034 (p < 0,05), dan intensitas penggunaan gadget p = 0,358 (p > 0,05). Kesimpulan: Disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara ASI eksklusif dan pola asuh terhadap perkembangan sosial emosional anak prasekolah di Kecamatan Genteng Surabaya. Namun, tidak ada hubungan yang signifikan antara intensitas penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial emosional anak prasekolah di Kecamatan Genteng Surabaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKA KK FK.BID.12/21 Asl h | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | ASI Eksklusif, Pola Asuh, Intensitas Penggunaan Gadget, dan Anak Prasekolah | |||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1050.9-1091 Educational psychology T Technology > T Technology (General) > T1-995 Technology(General) |
|||||||||
Divisions: | 01. Fakultas Kedokteran > S1 Kebidanan | |||||||||
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Depositing User: | Ny Wahyuni - | |||||||||
Date Deposited: | 09 Nov 2021 07:49 | |||||||||
Last Modified: | 09 Nov 2021 07:49 | |||||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/112419 | |||||||||
Sosial Share: | ||||||||||
Actions (login required)
View Item |