PENGARUH SIKAP ATAS PESAN IKLAN FRUIT TEA ORANGE DI TELEVISI TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN SEGMEN REMAJA DI SURABAYA

IKE PUDWIANITA, 040234681 E (2005) PENGARUH SIKAP ATAS PESAN IKLAN FRUIT TEA ORANGE DI TELEVISI TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN SEGMEN REMAJA DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-pudwianita-5960-b20405-k.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-pudwianita-5960-b20405.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pesan iklan merupakan berita yang disampaikan kepada audiens melalui iklan (Bovee, 1995: 14). Iklan itu sendiri mampu menciptakan sikap seseorang atas iklan (Mehta, 1994: 64). Pengukuran sikap audiens bagi pemasar merupakan hal yang sangat panting, namun, sekarang faktor penentu dari sikap adalah komponen kognitif dan komponen afektif sedangkan komponen konatif bukan faktor penentu dari sikap itu sendiri namun sebaliknya sikap dipandang sebagai faktor penentu dari komponen konatif (James F. Engel: 1594: 36). iklan fruit tea orange versi "lidah blibet" merupakan salah satu dari kesekian banyak iklan komparatif yang pernah ditayangkan di televisi, dalam hal ini fruit tea orange berkedudukan sebagai challenger dan produk yang disamarkan dalam iklan (frestea) berkedudukan sebagai leader. Oleh karena itu iklan komparatif harus memperhatikan daya tarik dari pesan iklan yang disampaikar dengan tujuan agar audiens bisa melihat komparasi dan daya tarik dalam pesan iklan tersebut. Apakah sikap atas variabel-variabel daya tarik pesan iklan di televisi yang dilihat dari struktur pesan, gaya pesan, dan appeals berpengaruh terhadap niat konsumen untuk membeli Fruit tea orange di Surabaya?" Untuk menjawab perrnasalahan, dan menguji hipotesis penelitian, maka dipergunakan regresi linear dan uji F., dan hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Koefisien korelasi (R) sebesar 0,674 dan koefisien deterrninasi (R2) sebesar 0,45.5 atau 4,55%, artinya terdapat hubungan yang kuat antara penilaian sikap atas elemen daya tarik pesan iklan yang terdiri dan struktur pesan, gaya pesan, dan appeals terhadap niat beli konsumen fruit tea orange di Surabaya, dan sebesar 45.5% perubahan niat beli konsumen fruit tea orange (2) Hipotesis terbukti kebenarannya, karena nilai F hitung sebesar 32,240 dengan tingkat signitikan di bawah 5%, sehingga secara signifikan variabel daya tarik pesan iklan yang terdiri dari struktur pesan, gaya pesan, dan appeals berpengaruh terhadap niat konsumen untuk membeli fruit tea orange di Surabaya. (3) Model persamaan regresi linear berganda yang dihasilkan adalah sebagai berikut: Y= -0,116 + 0,381 XI + 0,368 X2 + 0,297 X3

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 204/05 Pud p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR; TELEVISION ADVERTISING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ793-799.2 Youth. Adolescents. Teenagers
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
IKE PUDWIANITA, 040234681 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Hartini, S.E.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 07 Feb 2008 12:00
Last Modified: 20 Jul 2016 14:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/1169
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item