KEMAMPUAN BERBAHASA INDONESIA TULIS SISWA SDN KALIRUNGKUT I/264 SURABAYA DALAM KAJIAN EJAAN YANG DISEMPURNAKAN

ZANIAR ROSALIA RIZKI (2011) KEMAMPUAN BERBAHASA INDONESIA TULIS SISWA SDN KALIRUNGKUT I/264 SURABAYA DALAM KAJIAN EJAAN YANG DISEMPURNAKAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1_ HALAMAN JUDUL.pdf

Download (734kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_ ABSTRAK.pdf

Download (610kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_ DAFTAR ISI.pdf

Download (696kB)
[img] Text (BAB I)
4_ BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
5_ BAB II METODOLOGI PENELITIAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_ BAB III HASIL DAN ANALISA.pdf
Restricted to Registered users only until 24 January 2029.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_ BAB IV KESIMPULAN.pdf
Restricted to Registered users only until 24 January 2029.

Download (693kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (620kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9_ LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 24 January 2029.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul "Kemampuan Berbahasa Indonesia Tulis Siswa SDN Kalirungkut 1/264 Surabaya dalam kajian Ejaan yang Disempurnakan" bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kemampuan berbahasa Indonesia siswa yang didasari oleh peranan tingkat sosial dan ekonomi orangtua. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yang dilakukan semata-mata hanya berdasarkan fakta yang ada (fenomena yang secara empiris hidup pada penutur-penutumya). Penelitian ini menggambarkan kesalahan-kesalahan siswa dalam berbahasa Indonesia secara tulis terutama dalam kajian ejaan yang disempurnakan. Pengumpulan data menggunakan metode mencatat, kemudian mentranskripkannya. Dalam metode ini, peneliti mentranskripkan basil berbahasa tulis dari siswa. Hasil transkrip tersebut, dikelompokkan berdasarkan kesalahan-kesalahan ejaan, kemudian dianalisis berdasarkan kesalahan-kesalahan tersebut. Hasil penelitian tersebut menunjukkan kesalahan-kesalahan penggunaan ejaan yang dilakukan oleh siswa di sekolah tersebut. Kesalahan ejaan tersebut antara lain: penggunaan huruf kapital, penggunaan tanda baca, penggunaan kata depan dan awalan, singkatan dan simbol, pemenggalan kata, dan huruf miring atau garis bawah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN BERBAHASA INDONESIA DALAM KAJIAN EJAAN YANG DISEMPURNAKAN
Subjects: P Language and Literature
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
ZANIAR ROSALIA RIZKINIM.120710331
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorEDDY SUGIRI-
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 02 Feb 2024 06:27
Last Modified: 02 Feb 2024 06:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/129831
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item