Wahyu Pramono (2015) Antropologi Dunia Maya Studi Deskriptif Mengenai Fungsi Forum Jual Beli (Fjb) Kaskus Bagi Pengguna. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (341kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (206kB) |
|
Text (BAB 1)
3. BAB I.pdf Download (332kB) |
|
Text (BAB 2)
4. BAB II.pdf Restricted to Registered users only until 21 May 2023. Download (497kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
5. BAB III.pdf Restricted to Registered users only until 21 May 2023. Download (606kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
6. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only until 21 May 2023. Download (280kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
7. BAB V.pdf Restricted to Registered users only until 21 May 2023. Download (209kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (199kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 21 May 2023. Download (424kB) | Request a copy |
Abstract
Semakin hari internet sendiri berkembang dan melahirkan suatu budaya baru yang diadopsi dari dunia nyata budaya ini disebut dengan cyberculture. Dalam budaya tersebut terdapat kegiatan yang disebut dengan e-commerce. Saat ini perkembangan e-commerce semakin hari semakin banyak digemari oleh netizen, karena e-commerce memberikan kemudahan dalam proses jual-beli. Salah satu situs e-commerce yang ada di Indonesia adalah FJB (Forum Jual-beli) Kaskus. FJB Kaskus mempunyai member terbesar di Indonesia yaitu 7.8 juta member dan 55 juta orang dalam sehari mengunjungi situs ini. Peneltian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan netnografi. Teori yang digunakan untuk menganalisis data yang didapatkan sebagai berikut, teori manfaat dan gratifikasi, teori interaksi, teori teknoekonomi, dan yang terkahir teori fungsional. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah, ditemukannya dua pola perdagangan, yaitu half online dan full online, kemudian terdapat proses interaksi sosial yang asosiatif, seperti sebatas penjual dan pembeli, teman, rekan bisnis (reseller), dan disasosiatif berupa persaingan. Terakhir ditemukan adanya hubungan reciprocity, fungsi budaya untuk pemenuhan kebutuhan pokok manusia, dan nilai praktis teori fungsional yaitu fungsi efisiensi; fungsi kelestarian dan pemeliharaan kebudayaan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 Fis. ANT. 18/15 Pra a | ||||||
Uncontrolled Keywords: | ELECTRONIC COMMERCE; INTERNET; TRADING PATTERN | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Turwulandari | ||||||
Date Deposited: | 11 Mar 2015 12:00 | ||||||
Last Modified: | 21 May 2020 17:05 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15959 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |