Kualitas Pelayanan Kesehatan (Studi Deskriptif tentang Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Pasien Usia Lanjut di Poli Lansia Puskesmas Gurah, Kabupaten Kediri)

Ali Syahid (2015) Kualitas Pelayanan Kesehatan (Studi Deskriptif tentang Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Pasien Usia Lanjut di Poli Lansia Puskesmas Gurah, Kabupaten Kediri). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (444kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (307kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (269kB)
[img] Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (734kB)
[img] Text (BAB II)
5. BAB II DESKRIPSI UMUM KAJIAN PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 12 February 2023.

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. BAB III PENYAJIAN, ANALISIS DAN INTERPRETASI DATA.pdf
Restricted to Registered users only until 12 February 2023.

Download (619kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 12 February 2023.

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (334kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 12 February 2023.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Puskesmas Gurah merupakan instansi milik pemerintah yang menyelenggarakan pelayanan di bidang kesehatan sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama dari pemerintah. Permasalahan pada penelitian ini adalah karena jumlah lansia yang dari tahun ke tahun semakin bertambah dan banyaknya jumlah Pasien lansia di wilayah kerja Puskesmas Gurah yang berobat ke Puskesmas Gurah sehingga dibutuhkannya pelayanan kesehatan yang lebih baik bagi pasien usia lanjut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana kualitas pelayanan kesehatan terhadap pasien usia lanjut di poli lansia Puskesmas Gurah, Kabupaten Kediri. untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan kesehatan pada pasien usia lanjut di poli lansia Puskesmas Gurah, peneliti menggunakan lima aspek peningkatan kualitas pelayanan yaitu Tangibles (bukti fisik), Realibility (kehandalan), Responsivenes (daya tanggap), Assurance (jaminan) dan Emphaty (empati). Metode dari penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif, lokasi penelitian ini berada di Puskesmas Gurah, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri. Informan yang diambil dalam penelitian ini adalah Kepala Puskesmas Gurah dan para pemberi layanan Puskesmas Gurah seperti dokter di poli lansia dan perawat di poli lansia, serta para pasien usia lanjut yang berobat ke poli lansia Puskesmas Gurah. Untuk teknik penentuan informan yang digunakan adalah Purposive Sampling yang selanjutnya berkembang dengan teknik snowball. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam serta dokumentasi. Kemudian menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan atau verifikasi. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa kualitas pelayanan kesehatan terhadap pasien usia lanjut di poli lansia Puskesmas Gurah, Kabupaten Kediri memiliki kualitas pelayanan kesehatan yang sudah cukup baik. dilihat dari kemampuan para petugas dan ketanggapan para petugas dalam menangani keluhan para pasien usia lanjut, serta keahlian yang dimiliki oleh para petugas maupun tenaga medik. Tetapi masih ada beberapa kekurangan untuk fasilitas fisik, dan penambahan petugas. Saran dari penelitian ini adalah perlu adanya penambahan sarana prasarana fasilitas fisik di ruang tunggu, penambahan alat pendukung seperti komputerisasi dan perlu adanya penambahan petugas dibagian loket.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. AN. 50/15 Sya k
Uncontrolled Keywords: Pelayanan, Kualitas Pelayanan, Pelayanan Kesehatan, Usia Lanjut
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Ali SyahidNIM071111041
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRoestoto Hartojo PUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 19 Oct 2015 12:00
Last Modified: 12 Feb 2020 06:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16082
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item