DWI ARIANTI, 070317102
(2007)
PERILAKU PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DI KALANGAN SISWA SMU DI SURABAYA: Studi Deskriptif Terhadap Perilaku Siswa SMUN 2 Surabaya Dalam Memanfaatkan Perpustakaan Sekolah.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Pendidikan di zaman sekarang menginginkaan agar mata pelajaran-mata pelajaran sebanyak mungkin diintegrasikan. Pelajaran dalam pendidikan modern lebih banyak mengikuti arah perkembangan anak didik dan dikendalikan oleh daya intelektualnya. Oleh karena itu, penyediaan sumber belajar dan sumber informasi sangat diperlukan untuk memudahkan terjadinya proses pendidikan dan pembelajaran.
Perpustakaan sekolah merupakan salah satu sumber belajar yang penting dalam proses pendidikan. Selain sebagai penunjang kegiatan belajar perpustakaan juga memegang peranan yang sangat penting dalam memacu tercapainya tujuan pendidikan di sekolah. Jika dikaitkan dengan proses belajar-mengajar di sekolah, perpustakaan sekolah memberikan sumbangan yang sangat berharga dalam upaya meningkatkan aktivitas siswa serta meningkatkaan kualitas pendidikan dan pengajaran.
Dalam penelitian ini, peneliti bermaksud ingin memperoleh gambaran lebih jelas mengenai perilaku pemanfaatan perpustakaan sekolah oleh siswa SMUN 2 Surabaya. Karena itu, metodologi penelitian yang digunakan sebagai berikut: (1) Pendekatan penelitian secara kuantitatif; (2) Tipe penelitian deskriptif; (3) Metode penelitian melalui metode metode survey; (4) Lokasi penelitian di SMUN 2 Surabaya tepatnya di bagian perpustakaannya; (5) Teknik pengambilan sampling secara simple random sampling; (6) Instrumen penelitian dengan kuesioner/angket; (7) Teknik pengumpulan data melalui data primer, data sekunder, observasi, dan studi pustaka; (8) Analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif
Actions (login required)
|
View Item |