PERBEDAAN SIKAP KAARYAWAN LAKI-LAKI DAN KARYAWAN PEREMPUAN TERHADAP KEPLA PERPUSTAKAAN YANG BERJENIS KELAMIN PEREMPUAN

SEPTI TRI WULANDARI, 070316964 (2008) PERBEDAAN SIKAP KAARYAWAN LAKI-LAKI DAN KARYAWAN PEREMPUAN TERHADAP KEPLA PERPUSTAKAAN YANG BERJENIS KELAMIN PEREMPUAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-wulandaris-7821-abstract-8.pdf

Download (328kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Peranan perempuan pada berbagai pekerjaan di sektor publik saat ini menjadi fenomena yang universal. Banyak perempuan yang berhasil memasuki jenis jenis pekerjaan yang selama ini jarang, bahkan yang dulu tidak bisa atau tidak boleh dilakukan oleh perempuan, sekarang lazim dilakukan oleh perempuan. Di dalam dunia kerja, khususnya di perpustakaan mereka mampu menunjukkan eksistensinya sebagai tenaga kerja profesional bahkan sebagai pimpinan. Oleh karena itu, fenomena munculnya perempuan yang berhasil menduduki posisi pimpinan khususnya kepala perpustakaan menjadi hal yang menarik untuk diteliti. Serta bagaimana sikap karyawan laki-laki dan karyawan perempuan yang pernah atau bahkan yang masih dipimpin oleh kepala perpustakaan yang berjenis kelamin perempuan, dan apakah terdapat perbedaan sikap, yaitu positif (Favorable) atau negatif (unfavorable). Karena mengingat stereotip masyarakat kebanyakan menganggap perempuan lebih pantas bekerja di sektor domestik, sedangkan laki¬-laki di sektor publik. Populasi penelitian ini adalah karyawan perpustakaan Universitas Brawijaya, karyawan perpustakaan Universitas Airlangga, dan karyawan perpustakaan Universitas Kristen Petra, dengan karakteristik berjenis kelamin laki-laki dan perempuan yang pernah dipimpin atau bahkan yang masih dipimpin oleh kepala perpustakaan yang berjenis kelamin perempuan. Dari populasi yang berjumlah 158 orang, setelah dilakukan pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling didapatkan jumlah sampel sebanyak 71 orang yaitu 29 orang responden perempuan, dan 42 orang responden laki-laki. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner dalam bentuk skala Likert, disertai dengan wawancara terhadap responden. Data lainnya juga diperoleh dari dokumen perpustakaan, serta studi literatur dari buku maupun penelitian terdahulu. Berdasarkan uji validitas untuk kuisioner Sikap Karyawan terhadap Kepala Perpustakaan yang Berjenis Kelamin Perempuan, dari total item 46 butir, terdapat 39 butir yang valid, dan 7 butir yang gugur. Berdasar hasil_ uji reliabilitas diperoleh nilai alpha cronbach 0.913 > 0,6 maka item pernyataan dikatakan reliabel. Dalam penelitian ini teknik analisis data dengan menggunakan Uji - T untuk dua sampel Independent (bebas), dan hasil yang diperoleh adalah nilai signifikansi sebesar 0.459 > 0.05 maka Ho diterima dan disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan sikap antara karyawan laki-laki dan karyawan perempuan terhadap kepala perpustakaan yang berjenis kelamin perempuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis IIP.15/08 Wul p (FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: ORGANIZATION BEHAVIOR; GOVERNMENT EMPLOYEES
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
SEPTI TRI WULANDARI, 070316964UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTri Susantari, Dra., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 06 Oct 2008 12:00
Last Modified: 11 Sep 2016 12:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17458
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item