Program Jaminan Kesehatan Nasional ( Studi Deskriptif Tentang Faktor-Faktor Yang Dapat Mempengaruhi Keberhasilan Implementasi Program Jaminan Kesehatan Nasional Di Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya )

Hubaib Alif Khariza (2015) Program Jaminan Kesehatan Nasional ( Studi Deskriptif Tentang Faktor-Faktor Yang Dapat Mempengaruhi Keberhasilan Implementasi Program Jaminan Kesehatan Nasional Di Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (360kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (203kB)
[img] Text (BAB 1)
3. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (632kB)
[img] Text (BAB 2)
4. BAB II GAMBARAN UMUM KAJIAN PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 20 May 2023.

Download (652kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
5. BAB III PENYAJIAN, ANALISIS DATA DAN INTERPRETASI TEORITIK .pdf
Restricted to Registered users only until 20 May 2023.

Download (930kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
6. BAB IV PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 20 May 2023.

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. Daftar Pustaka.pdf

Download (273kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 20 May 2023.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kesehatan merupakan salah satu kebutuhan dasar masyarakat serta aspek yang penting untuk dapat mencapai kesejahteraan. Pemerintah bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan dan pelayanan kesehatan, terutama bagi masyarakat kurang mampu. Demi mewujudkan pelayanan kesehatan yang merata bagi seluruh masyarakat maka pemerintah menetapkan suatu kebijakan yaitu Progam Jaminan Kesehatan Nasional. Program Jaminan Kesehatan Nasional merupakan program pemerintah berskala nasional yang diselenggarkan oleh BPJS dalam bidang kesehatan yang bertujuan untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat Indonesia. Rumah Sakit Jiwa Menur merupakan salah satu Rumah Sakit Khusus dan Rujukan yang bekerja sama dengan BPJS . Dengan alasan tersebut, maka peneliti akan memfokuskan perhatian penelitian pada implementasi program Jaminan Kesehatan Nasional di Rumah Sakit Jiwa Menur. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Bagaimana implementasi program Jaminan kesehatan Nasional di Rumah Sakit Jiwa Menur. Serta bagaimanakah sumberdaya, disposisi, struktur birokrasi, komunikasi, dukungan kelompok sasaran, derajat perubahan yang diinginkan dan respon obyek kebijakan mempengaruhi implementasi program Jaminan Kesehatan Nasional di Rumah Sakit Jiwa Menur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi serta penentuan informan menggunakan teknik purposive. Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data melalui triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program Jaminan Kesehatan Nasional di Rumah Sakit Jiwa Menur sudah berjalan dengan baik dan sesuai prosedur yang ada. Adapun faktor sumber daya staf, fasilitas fisik dalam kondisi yang tidak memadai atau mencukupi. Serta masih diperlukan sosialisasi kepada peserta JKN mengenai persyaratan yang harus dipenuhi saat akan berobat ke Rumah Sakit, sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan ataupun dipersulit serta tidak menghambat pelaksanaan progarm ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis AN. 86/14 Kha p
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan, Progam Jaminan Kesehatan Nasional, Sistem Jaminan Sosial, Gangguan Jiwa.
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA790-790.95 Mental health. Mental illness prevention
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Hubaib Alif KharizaNIM 071011005
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorR. Wahyuni TrianaNIDN0012066003
Depositing User: Tn Yusuf Jailani
Date Deposited: 28 Jan 2015 12:00
Last Modified: 01 May 2021 00:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17554
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item