Komodifikasi Dalam Proses Produksi Berita Di Rubrik For Her Jawa Pos

Sakinah Utami (2015) Komodifikasi Dalam Proses Produksi Berita Di Rubrik For Her Jawa Pos. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (625kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (734kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (819kB)
[img] Text
5. BAB II GAMBARAN UMUM KAJIAN PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 27 May 2023.

Download (885kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III ANALISIS DATA.pdf
Restricted to Registered users only until 27 May 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 27 May 2023.

Download (729kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (779kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only until 27 May 2023.

Download (837kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang komodifikasi dalam proses produksi berita di rubrik For Her Jawa Pos. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan suatu proses produksi berita di rubrik For Her Jawa Pos yang mana para wartawannya akan cenderung menggunakan perspektif feminisme dalam memberitakan sosok perempuan serta adanya komodifikasi yang sebenarnya terjadi di dalam proses produksi tersebut. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma kritis dengan tipe penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah studi kasus dengan melakukan wawancara mendalam terhadap jajaran wartawan dan redaktur For Her, observasi lapangan, dan studi dokumen. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, terjadinya komodifikasi dalam proses produksi berita di rubrik For Her Jawa Pos. Hal itu terlihat dari Jawa Pos yang merupakan industri media menggunakan perempuan yang diangkat melalui rubrik For Her sebagai komoditasnya, tidak semata-mata membuat rubrik khusus perempuan untuk mengangkat citra perempuan saja. Pemberitaan yang dilakukan pun sejatinya untuk mendapatkan jumlah pembaca yang banyak dan berimplikasi pula pada banyaknya pengiklan yang membeli space di halaman For Her tersebut sehingga Jawa Pos dapat meraup keuntungan lebih. Kedua, proses produksi berita di rubrik For Her melalui beberapa tahapan yang berbeda jika dibandingkan dengan rubrik-rubrik lain di Jawa Pos. Diawali dari sensitifitas wartawan perempuan menangkap isu-isu seputar dunia perempuan yang selama ini tidak ter-cover oleh media massa, melakukan rapat halaman untuk memikirkan tema berita dalam waktu satu minggu ke depan, peliputan berita di tempat-tempat yang nyaman dan feminin, hingga akhirnya menerbitkan berita yang mengangkat sosok dan citra perempuan. Ketiga, pengangkatan citra perempuan tersebut memang tidak terlepas dari perspektif feminisme yang cenderung dimiliki oleh para wartawan For Her yang mana keseluruhannya adalah perempuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. K. 12-15 Uta k
Uncontrolled Keywords: MASS MEDIA AND WOMEN
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Sakinah UtamiNIM071115051
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRendy pahrun WadipalapaNIDN0001088802
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 24 Feb 2015 12:00
Last Modified: 27 May 2020 04:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17883
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item