PERBEDAAN STRATEGI BELAJAR SELF REGULATED PADA SISWA KELAS I DENGAN DOMINASI GAYA BELAJAR VISUAL, AURAL, READ/WRITE,KINESTHETHIC DI SMA I JEMBER

DEVI KARULINA, 110010399 (2005) PERBEDAAN STRATEGI BELAJAR SELF REGULATED PADA SISWA KELAS I DENGAN DOMINASI GAYA BELAJAR VISUAL, AURAL, READ/WRITE,KINESTHETHIC DI SMA I JEMBER. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2006-karulinade-1485-psi580-k.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
26488.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari jawaban mengenai perbedaan strategi belajar Self Regulated pada siswa dengan dominasi gaya belajar Visual, Aural, Read/write, Kinesthethic, dan perbedaan strategi belajar Self Regulated pada masing-masing kelompok gaya belajar Visual, Aural, Read/Write, Kinesthethic. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas I SMA I Jember sebanyak 252 orang yang memiliki gaya belajar VARK. Dari 252 siswa kemudian diambil sampel dengan teknik random sampling sebanyak 152 siswa dengan rincian 16 orang Visual, 52 orang Aural, 39 orang Read/Write, 45 orang Kinesthethic. Metode pengumpulan data menggunakan Instrumen gaya belajar VARK dan kuisioner Self Regulated dengan skala Likert . Berdasarkan uji validitas dengan taraf signifikansi 5% diperoleh 50 item sahih dan 16 item gugur. Pada uji reliabilitas yang mengguna uji alpha menghasilkan koefisien reliabilitas sebesar 0,9153. Dengan demikian kuesioner dalam penelitian ini dinyatakan reliable. Teknik analisa data menggunakan analisis Anava 1 jalur, dimana diperoleh koefisien sebesar 0,223. dan P>0,05 yang menunjukkan hasil yang tidak signifikan. Dengan demikian tidak terdapat Perbedaan Strategi Belajar Self Regulated pads Siswa dengan Dominasi Gaya Belajar Visual,Aural, Read/Write, Kinesthethic. Sementara untuk menguji hipotesis minor digunakan Post Hoc Tests. Pada uji antara siswa dominasi Visual dengan siswa diminasi Aural diperoleh sebesar 0,165. Hal tersebut menunjukkan tidak terdapat perbedaan Self Regulated diantara keduanya (P>0,05). Uji antara siswa dominasi Visual dengan siswa dominasi Read/Write terdapat perbedaan Self Regulated karena diperoleh koefisien sebesar 0,039 (P<0,05). Uji antara siswa dominasi Visual dengan siswa dominasi Kinesthethic tidak terdapat perbedaan Self Regulated karena diperoleh koefisisen sebesar 0,111 (P>0,05). Uji antara siswa dominasi Aural dengan siswa dominasi Read/Write tidak terdapat perbedaan Self Regulated karena diperoleh koefisien sebesar 0,304 (P>0,05). Uji antara siswa dominasi Aural dengan siswa dominasi Kinesthethic tidak terdapat berbedaan karena diperoleh koefisien sebesar 0,742 (P>0,05). Uji antara siswa dominasi Read/Write dengan siswa dominasi Kinesthethic tidak terdapat perbedaan Self Regulated karena diperoleh koefisien sebesar 0,490 (P>0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi 58/06 Kar p
Uncontrolled Keywords: STUDY SKILLS
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF721-723 Child Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
DEVI KARULINA, 110010399UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPrihastuti, Drs.,SUUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 24 Jul 2006 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 16:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26488
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item