EDWIN NUGRAHA (2015) Hubungan Antara Persepsi Risiko Berkendara Sepeda Motor Dengan Agresivitas Pengendara Sepeda Motor Remaja Laki-laki di Kecamatan Menganti. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (246kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (216kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (222kB) |
|
Text
4. BAB 1.pdf Download (273kB) |
|
Text
5. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only until 8 April 2023. Download (345kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB 3 .pdf Restricted to Registered users only until 8 April 2023. Download (290kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only until 8 April 2023. Download (318kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only until 8 April 2023. Download (175kB) | Request a copy |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) |
|
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 8 April 2023. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara persepsi risiko berkendara sepeda maotor dengan agresivitas pengendara sepeda motor remaja laki-laki di Kecamatan Menganti. Pelaksanaan penelitian ini berdasarkan tingginya jumlah kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pengendara sepeda motor di Kecamatan Menganti. Persepsi risiko berkendara sepeda motor adalah penilaian subjektif terhadap probabilitas terjadinya suatu kecelakaan dan potensi bahaya ketika berkendara dengan menggunakan sepeda motor di jalan raya (Rundmo & Iversen, 2004). Agresivitas pengendara adalah pola perilaku berkendara yang membahayakan dan meningkatkan risiko terhadap pengendara dan pengguna jalan yang lain (Houston dkk, 2003). Penelitian ini dilakukan pada pengendara sepeda motor remaja laki-laki yang berdomisili di Kecamatan Menganti. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 56 subjek. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini merupakan terjemahan dari skala persepsi risiko berkendara yang disusun oleh Rundmo dan Iversen (2004) dan skala perilaku agresivitas pengendara yang disusun oleh Houston dkk (2003). Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik uji korelasi Spearman’s Rho dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 21 for Windows. Hasil dari analisis data penelitian menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,379 (siginifikansi > 0,05) dengan nilai koefisien korelasi 0,120. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara persepsi risiko berkendara sepeda motor dengan agresivitas pengendara sepeda motor remaja laki-laki di Kecamatan Menganti.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 PSI.21/15 Nug h | ||||||
Uncontrolled Keywords: | persepsi risiko berkendara, agresivitas pengendara, remaja, laki-laki. | ||||||
Subjects: | H Social Sciences | ||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Ms noviyanti wulandari | ||||||
Date Deposited: | 17 Dec 2015 12:00 | ||||||
Last Modified: | 05 Jun 2020 02:36 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26537 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |