PELAYANAN STAFF GROUND HANDLING (Studi Deskriptif Tentang Pelayanan Staff Ground Handling Divisi Lost and Found PT. Global Jasa Angkasa Terhadap Konsumen Maskapai Kalstar Aviation)

EKTI NUGRAHENI (2015) PELAYANAN STAFF GROUND HANDLING (Studi Deskriptif Tentang Pelayanan Staff Ground Handling Divisi Lost and Found PT. Global Jasa Angkasa Terhadap Konsumen Maskapai Kalstar Aviation). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (168kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (136kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (107kB)
[img] Text
4. BAB 1 .pdf

Download (280kB)
[img] Text
5. BAB 2 .pdf
Restricted to Registered users only until 19 June 2023.

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB 3 .pdf
Restricted to Registered users only until 19 May 2023.

Download (637kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB 4 .pdf
Restricted to Registered users only until 19 May 2023.

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (116kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only until 19 May 2023.

Download (324kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ground Handling pada PT. Global Jasa Angkasa mengikat pada pengetahuan dan keterampilan tentang penanganan pesawat di Apron, penanganan penumpang dan bagasinya di terminal dan kargo serta pos di cargo area untuk keberangkatan (departure) maupun untuk kedatangan (arrival). Salah satu perusahaan di Bandara Internasional Juanda yang bergerak di bidang Ground Handling merupakan PT. Global Jasa Angkasa, perusahaan yang telah resmi didirikan ini menangani salah satu maskapai yaitu maskapai Kalstar Aviation. Maskapai ini hanya beroperasi menuju rute-rute di wilayah kalimantan saja. Tersedianya sarana transportasi udara yang memadai yang dibutuhkan oleh konsumen yang menggunakan transportasi udara dalam kegiatan mereka seharihari karena transportasi udara merupakan salah satu dari sarana angkutan yang paling cepat dan efektif . Dalam penelitian ini, penulis memfokuskan pada pelayanan di divisi Lost and Found yang di lakukan oleh PT. Global Jasa Angkasa yang menangani maskapai Kalstar Aviation. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif sehingga dalam pengumpulan datanya peneliti menggunakan data- data serta dokumentasi yang diperoleh dari terjun langsung ke lingkungan bandara yang berkaitan langsung dengan permasalahan yang sering terjadi, seperti : bagasi hilang, bagasi lebih dan kurang di arrival hall, dan bagasi tertukar. Hal tersebut guna mendapatkan data yang lebih banyak dan akurat. Hasil penelitian yang diperoleh penulis selama penelitian bahwa pelayanan di divisi Lost and Found meliputi banyak permasalahan yang harus diselesaikan dengan baik oleh petugas yang bersangkutan sehingga dapat mewujudkan pelayanan prima. Contoh dari pelayanan di divisi lost and Found adalah : penanganan pada bagasi hilang (Lost Baggage), pelayanan bagasi lebih (Surplus Baggage) di kedatangan, penanganan bagasi tertukar,dan penanganan bagasi kurang (Minus Bagagge)di kedatangan. Pada dasarnya untuk menyelesaikan berbagai macam permasalahan di atas, petugas Lost and Found atau LL ini menggunakan form PIR (Property Irregularity Report) yaitu form pelaporan bagasi bermasalah yang di ajukan oleh penumpang. form ini wajib di isi oleh petugas dan akan dilaporkan kepada station manager pihak Kalstar Aviation untuk segera ditindak lanjuti. Setelah melewati berbagai proses ketika pada bagasi yang telah ditemukan dalam keadaan rusak/ tidak utuh maka akan diberikan kompensasi sesuai dengan tipe kerusakan yang dialami bagasi penumpang tersebut.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.PW. 29-15 Nug p
Uncontrolled Keywords: Pelayanan staff divisi lost and found oleh perusahaan ground Handling
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9980.5 Service industries
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
EKTI NUGRAHENINIM071210213022
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNur Emma SurianiNIDN0023127502
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 05 Aug 2015 12:00
Last Modified: 05 Jun 2020 03:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28601
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item