Yulianty Aliah (2015) Strategi Komunikasi Pemasaran Balai Pelestarian Cagar Budaya Di Provinsi Gorontalo. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (358kB) |
||
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (186kB) |
||
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (190kB) |
||
Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (214kB) |
||
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
6. METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (291kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV DESKRIPSI OBJEK PENELITIAN)
7. BAB IV DESKRIPSI OBJEK PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (733kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V TEMUAN DAN ANALISIS DATA)
8. BAB V TEMUAN DAN ANALISI DATA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB VI PENUTUP)
9. BAB VI PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTYAR PUSTAKA)
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (288kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
11. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) | Request a copy |
||
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (174kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya Gorontalo dalam mempromosikan cagar budaya di provinsi Gorontalo sehingga meningkatkan minat pengunjung untuk berkunjung ke provinsi Gorontalo sebagai kawasan wisata cagar budaya. Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) sebagai unit pelaksana teknis (UPT) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang berada di daerah, mengharuskan Balai Pelestarian Cagar Budaya Gorontalo untuk berinovasi dan kreatif dalam menyusun strategi komunikasi dengan menggabungkan tiga konsep yakni strategi, komunikasi dan pemasaran. Selain itu berhubung objek yang perlu dipromosikan berbeda dengan objek komunikasi pemasaran lainnya, yaitu cagar budaya di propinsi Gorontalo maka permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Balai Pelestarian Cagar Budaya Gorontalo dalam mempromosikan cagar budaya di Provinsi Gorontalo? Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Balai Pelestarian Cagar Budaya Gorontalo telah melakukan kegiatan strategi komunikasi pemasaran dimulai dari proses analisis situasi program promosi, analisis proses komunikasi, penentuan anggaran, pengembangan program IMC serta proses akhir yang dilakukan adalah monitor, evaluasi dan kontrol. Adapun bentuk-bentuk komunikasi pemasaran yang digunakan seperti direct marketing berupa poster dan leaflet yang dibagikan setiap kegiatan pameran dlaksanakan; interactive/internet marketing dengan terbentuknya sebuah grup beranda museum Gorontalo yang digunakan sebagai forum diskusi oleh anggotanya; Publicity merupakan kegiatan komunikasi nonpersonal yang berhubungan dengan organisasi atau perusahaan yang sifatnya non komersil seperti buletin, dialog sindo TV, dialog RRI, dan mobil bioskop; Personal Selling disini tidak terjadi transaksi penjualan (selling) melainkan hanya sebatas bertujuan untuk mengedukasi publik tentang arti penting cagar budaya seperti sosialisasi Kota Gorontalo, purbakala goes to school, dialog budaya;, exhibition (pameran) sebagai bentuk komunikasi pemasaran dalam mempromosikan cagar budaya ke masyarakat.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 TSK.36/15 Ali s | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Marketing Communication Strategy, Cultural Heritage Tourism | ||||||
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Dwi Prihastuti | ||||||
Date Deposited: | 26 Nov 2015 12:00 | ||||||
Last Modified: | 19 May 2020 03:39 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28759 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |