Kualitas Layanan Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (Studi Deskriptif tentang Kualitas Layanan Perpustakaan bagi Mahasiswa Difabel di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)

Baiq Sulfiana (2015) Kualitas Layanan Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (Studi Deskriptif tentang Kualitas Layanan Perpustakaan bagi Mahasiswa Difabel di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (814kB)
[img] Text
2. ABSTRACT.pdf

Download (428kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (569kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (695kB)
[img] Text
5. BAB II GAMBARAN UMUM.pdf
Restricted to Registered users only until 24 May 2023.

Download (748kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III TEMUAN DATA.pdf
Restricted to Registered users only until 24 May 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV ANALISIS DATA DAN INTERPRETASI TEORITIK.pdf
Restricted to Registered users only until 24 May 2023.

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 24 May 2023.

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (433kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 24 May 2023.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kualitas perpustakaan lebih menekankan pada aspek kepuasan dengan fokus utamanya yaitu keperluan atau kebutuhan pemustaka. Bahkan citra suatu perpustakaan ditentukan oleh hasil bagaimana usaha pustakawan dan pihak pengelola perpustakaan tersebut dalam memberikan layanan yang mampu memuaskan pemustakanya. Untuk memenuhi kualitas dibutuhkan fokus pada pelanggan dan kerjasama semua bagian serta pengembangan yang terus-menerus dan berkelanjutan, dengan demikian benar kiranya jika perpustakaan ingin memberikan layanan yang berkualitas harus fokus atau berorientasi kepada pemustakanya. Peneleitian ini mengkaji tentang kualitas layanan perpustakaan universitas islam negeri sunan kalijaga yogyakarta (studi deskriptif tentang kualitas layanan perpustakaan bagi mahasiswa difabel di universitas islam negeri sunan kalijaga yogyakarta), dimana penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimanakah kualitas layanan yang diberikan di perpustakaan universitas islam negeri sunan kalijaga yogyakarta. Metode LibQual digunakan untuk mengukur kualitas layanan perpustakaan berdasarkan empat dimensi yang dijadikan indikator pengukuran yaitu service affect (kemampuan dan sikap pustakawan dalam melayani), library as place (fasilitas dan suasana ruang perpustakaan), personal control (petunjuk dan sarana akses), dan information access (akses informasi). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan sampel jenuh sebagai teknik pengambilan sampel. Hasil dari penelitian ini adalah kualitas layanan pada dimensi service affect dinilai sudah bagus. Dimensi library as place menunjukkan kualitas layanan sudah memenuhi kebutuhan pemustaka dari segi fasilitas yang ada. Dimensi personal control menunjukkan kualitas layanan berada pada kategori sedang, yang berarti bahwa tidak semua kualitas layanan yang ada sesuai dengan keinginan pemustaka. Dimensi information acces menunjukkan kualitas layanan yang kurang memuaskan pemustaka, karena tidak semua pemustaka bisa memanfaatkan koleksi yang dilayankan. Pada kenyataannya, ada beberapa indikator dari keempat dimensi tersebut yang kurang mendapatkan hasil penilaian kualitas pelayanan yang bagus. Oleh karena itu, kualitas layanan perpustakaan universitas islam negeri sunan kalijaga yogyakarta harus lebih ditingkatkan lagi agar memperoleh kualitas pelayanan yang semakin baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.IIP 11/16 Sul k
Uncontrolled Keywords: kualitas layanan, kebutuhan pemustaka, mahasiswa difabel
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Baiq SulfianaNIM071311623010
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFitri MutiaNIDN0009107507
Depositing User: Diah Widjayanti
Date Deposited: 25 Apr 2016 07:31
Last Modified: 24 May 2020 12:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/29915
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item