CHAHYA RAMADHAN (2015) REPRESENTASI USTADZ DALAM IKLAN TELEVISI TELKOMSEL IBADAH DAN INDONESIA GENGGAM INTERNET VERSI USTADZ MAULANA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALLAMAN DEPAN)
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (515kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (571kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 1)
2. BAB 1.pdf Download (475kB) |
|
Text (BAB 2)
3. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only until 18 May 2023. Download (762kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
4. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only until 18 May 2023. Download (633kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
5. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only until 18 May 2023. Download (310kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (320kB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada representasi Ustadz yang ditampilkan dalam iklan elevisi jaringan seluler Telkomsel yaitu iklan “Telkomsel Ibadah” dan “Indonesia Genggam Internet versi Ustadz Maulana” yang ditayangkan pada tahun 2013 dan 2014. Pemilihan tayangan iklan tersebut sebagai subjek penelitian karena pada kedua iklan ini terjadi pergeseran dimana Ustadz bukanlah melakukan dakwah melainkan melakukan pengenalan aplikasi serta edukasi internet, selain itu Telkomsel menyatakan dirinya sebagai satu-satunya jaringan seluler Indonesia yang didukung oleh seluruh operator di Arab Saudi ketika para pelanggan sedang melakukan ibadah di negara tersebut. Penelitian ini ingin melihat bagaimana sosok Ustadz direpresentasikan pada iklan televisi tersebut. Untuk dapat menjelaskan bagaimana sosok Ustadz tersebut digambarkan, peneliti menggunakan teori representasi dengan metode semiotik milik Charles Sander Peirce. Melalui segitiga makna milik Pierce, peneliti melakukan identifikasi berdasarkan sign, object, dan interpretant. Melalui penelitian ini ditemukan bahwa sosok Ustadz digambarkan sebagai sosok yang terkenal, tanggap akan teknologi, dan pribadi yang ceria. Hal ini ditemukan melalui identifikasi dan analisis menggunakan tanda-tanda yang terdapat pada iklan sebagai bahan untuk peneliti melakukan interpretasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 Fis.K.22/16 Ram r | ||||||
Uncontrolled Keywords: | semiotik Pierce, Ustadz, iklan televisi, Telkomsel | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising |
||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Novita | ||||||
Date Deposited: | 03 May 2016 10:22 | ||||||
Last Modified: | 18 May 2020 09:21 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/30391 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |