Saiful Alam (2015) Pengaruh Pemberian Edukasi Terstruktur Pada Pengasuh Utama Anak ADHD Terhadap Penurunan Derajat Keparahan Adhd Di Unit Rawat Jalan Psikiatri Anak Rsud Dr Soetomo Surabaya. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (620kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (621kB) |
|
Text (BAB 1)
4. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (636kB) |
|
Text (BAB 2)
5. BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only until 10 May 2023. Download (703kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
6. BAB 3 KERANGKA KONSEPTUAL DAN HIPOTESIS.pdf Restricted to Registered users only until 10 May 2023. Download (618kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
7. BAB 4 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 10 May 2023. Download (656kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
8. BAB 5 HASIL PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 10 May 2023. Download (703kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 6)
9. BAB 6 PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only until 10 May 2023. Download (623kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 7)
10. BAB 7 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only until 10 May 2023. Download (616kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (625kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
12. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 10 May 2023. Download (662kB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang : Pemberian edukasi terstruktur dipandang mampu untuk memperbaiki pemahaman, sikap, dan perilaku pengasuh utama anak dengan ADHD serta sekaligus menurunkan derajat keparahan ADHD anak yang dirawat di Unit Rawat Jalan Psikiatri Anak dan Remaja RSUD dr Soetomo Surabaya Tujuan : Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya perubahan tingkat pemahaman sikap, dan perilaku setelah dilakukan proses pemberian edukasi terstruktur pada pengasuh utama anak dengan ADHD dan pengaruhnya terhadap penurunan derajat keparahan ADHD Metode : Penelitian ini merupakan penelitian analisis eksperimental dengan desain pre dan posttest yang diberikan kepada pengasuh anak dengan ADHD. Pengumpulan sampel dilakukan dengan teknik consequtive. Diagnosa ADHD diperoleh melalui riwayat pemeriksaan sebelumnya. Tingkat pemahaman, sikap dan perilaku pengasuh diukur dengan kuisioner pemahaman, sikap dan perilaku. Derajat keparahan diukur dengan menggunakan SPPAHI. Selanjutnya data yang diperoleh akan dianalisa menggunakan metode Two Independent T test Hasil: Hasil uji statistik menunjukkan bahwa ada perbaikan bermakna skor pemahaman, sikap, dan perilaku pengasuh utama juga penurunan derajat keparahan ADHD anak baik pada kelompok perlakuan maupun kelompok kontrol. Kelompok perlakuan mengalami perbaikan skor pemahaman, sikap, dan perilaku yang lebih besar secara bermakna dibanding kelompok kontrol (p= 0,0001). Kelompok perlakuan juga mengalami perbaikan bermakna dalam penurunan derajat ADHD lebih baik daripada kelompok kontrol (p=0,005) Kesimpulan: Pemberian edukasi terstruktur memberikan peningkatan dalam pemahaman, sikap, dan perilaku pengasuh utama serta penurunan derajat ADHD lebih baik dibandingkan pemberian terapi standar pada pasien anak ADHD yang dirawat di unit rawat jalan Psikiatri anak dan remaja
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKA KK PPDS.IKJ.09/16 Ala p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Edukasi terstruktur, Pengasuh utama, Penurunan derajat ADHD | ||||||
Subjects: | R Medicine > RC Internal medicine > RC0321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry | ||||||
Divisions: | 01. Fakultas Kedokteran | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '- | ||||||
Date Deposited: | 07 Jun 2016 02:03 | ||||||
Last Modified: | 10 May 2020 05:31 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/32932 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |