Pengaruh Modal Relasional Terhadap Berbagi Pengetahuan Dan Kinerja Distributor Semen Gresik Dengan Dimoderasi Oleh Persepsi Oportunisme Produsen

Ratri Amelia Aisyah (2015) Pengaruh Modal Relasional Terhadap Berbagi Pengetahuan Dan Kinerja Distributor Semen Gresik Dengan Dimoderasi Oleh Persepsi Oportunisme Produsen. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (475kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (494kB)
[img] Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (586kB)
[img] Text (BAB II)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 25 May 2023.

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. BAB III KERANGKA KONSEPTUAL.pdf
Restricted to Registered users only until 25 May 2023.

Download (514kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 25 May 2023.

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8. BAB V ANALISIS DAN PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 25 May 2023.

Download (758kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
9. BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 25 May 2023.

Download (489kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (520kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 25 May 2023.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pertumbuhan ekonomi nasional yang terus meningkat dengan berdasarkan pada target pertumbuhan ekonomi nasional mengakibatkan peningkatan kebutuhan semen dalam negeri. Keberhasilan Semen Gresik menjadi produsen yang berhasil dengan volume penjualan tertinggi dan unggul dalam penguasaan pangsa pasar di Indonesia tidak lepas dari kualitas hubungan yang baik, berinteraksi cukup baik dengan para distributornya. Kedekatan hubungan di antara pihak satu dengan pihak lainnya yang dibangun melalui sejarah berinteraksi dikenal dengan modal relasional. Dengan adanya hubungan yang baik tersebut, Semen Gresik dan Distributor dapat melakukan suatu komunikasi yang baik sehingga hubungan bisnis tersebut diharapkan dapat meningkatkan proses berbagi pengetahuan dari distributor kepada Semen Gresik dan juga diharapkan dapat memperbaiki kinerja distributor. Penelitian ini berargumentasi bahwa modal relasional akan berpengaruh positif terhadap berbagi pengetahuan dan kinerja para distributor. Selanjutnya, pengaruh tersebut akan melemah bilamana distributor memiliki persepsi yang tinggi mengenai oportunisme yang dilakukan oleh Semen Gresik dan menguat bila kondisi sebaliknya. Menggunakan survei yang dilakukan pada distributor yang berada di Pulau Jawa. Kuesioner diolah dengan menggunakan alat analisis PLS. Hasil analisa menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari modal relasional terhadap berbagi pengetahuan dan berbagi pengetahuan memediasi secara penuh pengaruh modal relasional terhadap kinerja distributor. Penelitian ini menunjukkan bahwa modal relasional tidak signifikan mempengaruhi kinerja distributor. Hasil analisa selanjutnya menunjukkan bahwa persepsi oportunisme secara tidak memoderasi pengaruh modal relasional terhadap berbagi pengetahuan dan kinerja distributor.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSM 32-15 Ais p
Uncontrolled Keywords: relational capital, knowledge sharing, distributor's performance, opportunism perceptions
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Sains Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
Ratri Amelia AisyahNIM041314153019
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBadri Munir SukocoNIDN0021035212
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 25 May 2020 03:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/33606
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item