Pengaruh Psikoedukasi Tentang Pengetahuan Adhd Terhadap Kemampuan Guru Dalam Melakukan Deteksi Dini Masalah Adhd Pada Siswa Dan Keterampilan Intervensi Kelas Di Sekolah Dasar X

Ana Karunia (2015) Pengaruh Psikoedukasi Tentang Pengetahuan Adhd Terhadap Kemampuan Guru Dalam Melakukan Deteksi Dini Masalah Adhd Pada Siswa Dan Keterampilan Intervensi Kelas Di Sekolah Dasar X. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (COVER)
1. COVER.pdf

Download (682kB)
[img] Text (HALAMAN PERSETUJUAN)
2. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (592kB)
[img] Text (KATA PENGANTAR)
3. KATA PENGANTAR.pdf

Download (596kB)
[img] Text (ABSTRAK)
4. ABSTRAK.pdf

Download (604kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (604kB)
[img] Text (BAB I)
6. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (622kB)
[img] Text (BAB II)
7. BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN KERANGKA PEMIKIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
8. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
9. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
10. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (605kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
12. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh psikoedukasi terhadap kemampuan guru dalam melakukan deteksi dini masalah ADHD pada siswa dan keterampilan intervensi kelas. Desain penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan dua kelompok subjek, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Subjek penelitian ini adalah 18 orang guru SD Santo Carolus Surabaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Evaluasi Kemampuan Deteksi Dini ADHD dan Evaluasi Keterampilan Intervensi Kelas. Analisis data menggunakan independent sample T-Test dengan bantuan program SPSS 16 for windows untuk mengetahui perbedaan dua buah mean pada dua kelompok sampel yang independen. Hasil penelitian ini adalah psikoedukasi tentang pengetahuan ADHD berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan guru melakukan deteksi dini masalah ADHD pada siswa (0,000 #8804; 0,05). Penelitian ini juga membuktikan bahwa psikoedukasi tentang pengetahuan ADHD berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan guru melakukan intervensi kelas (0,000 #8804; 0,05). Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil penelitian ini adalah isi psikoedukasi tentang pengetahuan ADHD yang menitikberatkan pada peningkatan pengetahuan tentang ADHD, peningkatan kemampuan guru melakukan deteksi dini masalah ADHD, dan peningkatkan keterampilan intervensi kelas terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan guru melakukan deteksi dini masalah ADHD pada siswa dan berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan intervensi kelas guru sekolah dasar X.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TPsi. 01-15 Kar p
Uncontrolled Keywords: Psychoeducation, ADHD knowledge, early detection skills of ADHD, classroom intervention skills, elementary school teachers
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF176 Psychological Tests and Testing
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Ana KaruniaNIM111214153017
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIka Yuniar CahyantiNIDN0001067701
Depositing User: Nn Aimmatul Mukaromah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 21 May 2020 14:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/33791
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item