Dian Kristin Pita Loka (2015) Analisis Perubahan Total Factor Productivity (Tfpc) Beserta Komponennya Pada Bandar Udara Indonesia (Pendekatan Malmquist Index). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text
1. COVER.pdf Download (495kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (171kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (272kB) |
|
Text
4. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (213kB) |
|
Text
5. BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf Download (420kB) |
|
Text
6. BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Download (221kB) |
|
Text
7. BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only until 22 April 2023. Download (738kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only until 22 April 2023. Download (178kB) | Request a copy |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (175kB) |
|
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 22 April 2023. Download (275kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghitung dan menganalisis tingkat efisiensi teknis dan perubahan total factor productivity (TFP) beserta komponennya pada 25 bandar udara di Indonesia yang dikelola Perseroan Terbatas (PT) Angkasa Pura I dan II tahun 2010-2012. Perhitungan total factor productivity didekomposisikan menjadi technical efficiency change (TEC), technical atau technological change (TCHCH), pure technical efficiency change (PTEC), scale efficiency change (SEC), dan total factor productivity change (TFPC). Penelitian ini menggunakan metodedata envelopment analysis (DEA) dengan pendekatan Malmquist index dan dengan pengukuran berorientasi pada output.Hasil dari pengolahan dengan DEAP 2.1 menunjukkan bahwa hanya empat dari 25 bandar udara yang efisien selama tiga tahun, baik menggunakan asumsi constant return to scale (CRS) maupun variabel return to scale (VRS), yaitu Bandar Udara Juanda, Bandar Udara Hasanuddin, Bandar Udara Sepinggan, dan Bandar Udara Adi Sucipto. Sebagian besar bandar udara yang belum efisien disebabkan penggunaan input yang belum maksimal dan output yang dihasilkan juga belum maksimal. Hasil penelitian juga menunjukkan rata-rata perubahan total factor productivity (TFPC) pada 25 bandar udara sebesar 1,031 di mana dalam tiga tahun tersebut rata-rata kinerja bandar udara menunjukkan perubahan positif pada produktivitas dan efisiensi. Komponen TCHCH atau perubahan teknologi yang maju memiliki pengaruh yang kuat terhadap TFPC yang positif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 C. 128/15 Lok a | ||||||
Uncontrolled Keywords: | TOTAL FACTOR PRODUCTIVITY; AIRPORTS | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | sukartini sukartini | ||||||
Date Deposited: | 23 Nov 2015 12:00 | ||||||
Last Modified: | 22 Apr 2020 03:29 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/3677 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |