Reza Mehdi Fauzi, 071146004 (2013) AKOMODASI KOMUNIKASI ANTARA PENGGUNA (USER) DAN PENGIKUT (FOLLOWER) AKUN TWITTER BLOOD FOR LIFE INDONESIA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-fauzirezam-27415-4.abst-k.pdf Download (34kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2013-fauzirezam-27415-full text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Twitter merupakan salah satu situs jejaring sosial yang menggunakan internet dengan informasi yang beragam. Diantaranya akun twitter @Blood4LifeID yang menjadi jembatan antara pengguna dengan follower sebagai media informasi kebutuhan donor darah. Ketersediaan darah terkadang menjadi kendala bagi pemohon yang kesulitan mendapatkan informasi tentang stok darah di beberapa tempat seperti PMI dan rumah sakit. Untuk itu, pemohon harus segera mencari informasi yang tepat dan cepat. Komunitas Blood For Life Indonesia hadir membantu pemohon mendapatkan informasi kebutuhan darah melalui akun twitter @Blood4LifeID sebagai jembatan informasi yang diharapkan dapat dibaca oleh follower dan ditanggapi sesuai informasi yang dibutuhkan melalui percakapan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Bagaimana akomodasi komunikasi antara pengguna (user) dan pemgikut (follower) akun twitter Blood For Life Indonesia?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akomodasi komunikasi antara pengguna dengan follower akun twitter Blood For Life Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan tekstual. Subyek penelitian ini adalah pengguna dan follower akun twitter @Blood4LifeID. Adapun sumber datanya menggunakan teknik dokumentasi rekaman percakapan. Teknik analisis data yang digunakan adalah Miles dan Huberman, yaitu Data Reduction, Data Display, Conclusing Drawing/Verivication. Berdasarkan analisis rekaman percakapan akun twitter @Blood4LifeID diperoleh akomodasi komunikasi yang terjadi antara pengguna dengan follower. Pertama adalah memenuhi kesesuaian, kesamaan, dan kesepahaman tentang informasi kebutuhan donor darah (convergence). Dan kedua yaitu pelebaran, ketidaksamaan, atau perbedaan pemahaman tentang informasi kebutuhan darah (devergence). Informasi-informasi tersebut nama pasien, golongan darah, jenis penyakit, jumlah kantong yang dibutuhkan, nomor kontak pendamping pasien, serta kegiatan donor darah lainnya. Bentuk informasinya berupa berupa percakapan tentang pertanyaan maupun pernyataan yang saling berinteraksi antara pengguna dengan follower seperti urgent,red alert, green update, white update, stand by donor, dan info donor darah. Sumber informasi berasal dari pengguna atau follower akun twitter @Blood4LifeID yang telah melalui proses verifikasi.
Item Type: | Thesis (Thesis) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 TSK.17/13 Fau a | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Akomodasi Komunikasi, Pengguna, Follower, Twitter, Blood For Life Indonesia | |||||||||
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media | |||||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi | |||||||||
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Depositing User: | Nn Duwi Prebriyuwati | |||||||||
Date Deposited: | 2016 | |||||||||
Last Modified: | 11 Jun 2017 18:03 | |||||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37381 | |||||||||
Sosial Share: | ||||||||||
Actions (login required)
View Item |