Dian Fitrianini Primasari (2015) Niat Menggunakan Electronic Money Di Surabaya Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (250kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (78kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (152kB) |
|
Text (BAB 1)
4. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (160kB) |
|
Text (BAB 2)
5. BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only until 10 February 2023. Download (336kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
6. BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 10 February 2023. Download (231kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
7. BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only until 1 February 2023. Download (351kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
8. BAB 5 SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only until 10 February 2023. Download (86kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 10 February 2023. Download (278kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki fenomena cashless society yang merupakan peralihan pembayaran dari transaksi tunai menjadi nontunai dengan menggunakan kartu electronic money (e-money) pada transaksi pembayaran mikro. Dengan menggunakan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM), terdapat enam variabel yang dirasa terkait dengan fenomena tersebut yaitu perceived usefulness, perceived ease of use, perceived risk, social influence, trusting intention dan intention to use. Berdasarkan keenam variabel tersebut penelitian menekankan pada penerimaan teknologi baru oleh individu, apakah teknologi kartu e-money pada transaksi mikro dapat dipercaya dan diterima oleh masyarakat sebagai alat pembayaran nontunai. Selain itu, penelitian ini juga menekankan pada pengaruh sosial terhadap penerimaan teknologi baru. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif, dengan jumlah responden 200 responden yang sudah mengenal emoney namun belum pernah menggunakan e-money. Teknik analisis yang digunakan adalah SEM. Hasil analisis menunjukkan bahwa trusting intention menjadi variabel intervening pengaruh variabel persepsi konsumen (perceived usefulness, perceived ease of use, perceived risk) terhadap intention to use. social influence berpengaruh secara langsung terhadap intention to use. Sedangkan variabel persepsi konsumen tidak dapat berpengaruh secara langsung terhadap intention to use kecuali perceived usefulness yang berpengaruh langsung terhadap intention to use.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B 178/15 Pri n | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Cashless Society, Electronic Money, Technology Acceptance Model dan Intention to use. | ||||||
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76.9.D3 Database management and System design T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | prasetyo adi nugroho | ||||||
Date Deposited: | 17 Jun 2015 12:00 | ||||||
Last Modified: | 10 Feb 2020 05:37 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/3817 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |