Analisis Sistem Antrian Pada Pintu Masuk Parkir MObil Mahasiswa Di Depan Gedung Mgister Manajemen Kampus B Universitas Airlangga

MIRNA INDA PURWANDANI (2015) Analisis Sistem Antrian Pada Pintu Masuk Parkir MObil Mahasiswa Di Depan Gedung Mgister Manajemen Kampus B Universitas Airlangga. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Halaman Judul)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (331kB)
[img] Text (Abstrak)
2. ABSTRAK .pdf

Download (236kB)
[img] Text (Daftar Isi)
3. DAFTAR ISI .pdf

Download (142kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
4. BAB 1 PENDAHULUAN .pdf

Download (158kB)
[img] Text (Bab II Tinjauan Pustaka)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA .pdf
Restricted to Registered users only until 23 May 2023.

Download (686kB) | Request a copy
[img] Text (Bab III Metodelogi Penelitian)
6. BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 23 May 2023.

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text (Bab IV Pembahasan)
7. BAB IV PEMBAHASAN .pdf
Restricted to Registered users only until 23 May 2023.

Download (639kB) | Request a copy
[img] Text (Bab V Kesimpulan dan Saran)
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN .pdf
Restricted to Registered users only until 23 May 2023.

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (214kB)
[img] Text (Lampiran)
10. LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only until 23 May 2023.

Download (360kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Antrian merupakan sebuah kejadian yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, khususnya pada fasilitas parkir. Antrian yang panjang menyebabkan terjadinya waktu tunggu yang lama sehingga mengakibatkan pelanggan merasa tidak puas dengan pelayanan yang diberikan perusahaan dan memungkinkan pelanggan akan memilih perusahaan lain yang dinilai mampu memenuhi harapan mereka Jika hal itu terjadi dalam suatu perusahaan tanpa ada usaha perbaikan, maka bisa dipastikan perusahaan akan mengalami kerugian karena jumlah pelanggan yang dimiliki akan berkurang. Maka dari itu perusahaan diharapkan mampu menciptakan sistem antrian yang optimal sehingga dapat mencegah terjadinya waktu tunggu yang lama. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja sistem antrian yang ada pada parkir mobil mahasiswa di depan Gedung Magister Manajemen Universitas Airlangga, menganalisis penyebab terjadinya masalah antrian pada pelayanan pintu masuk, dan memberikan usulan perbaikan untuk mengatasi masalah antrian pada pelayanan pintu masuk parkir mobil mahasiswa di depan Gedung Magister Manajemen Universitas Airlangga. Uji distribusi data dilakukan dengan menggunakan software SPSS 11.5 dan pengolahan data menggunakan teori antrian dengan bantuan software POM-QM for Windows 3. Model antrian yang digunakan saat ini menggunakan model antrian single channel-single phase with finite system size. Pola kedatangan mobil berdistribusi Poisson dengan rata-rata tingkat kedatangan mobil (λ) adalah sebesar 11 mobil/jam dan pol pelayanan berdistribusi Eksponensial dengan rata-rata tingkat pelayanan mobil (μ) adalah 11 mobil/jam. Hasil perhitungan kinerja sistem antrian pintu masuk pada parkir mobil mahasiswa di depan Gedung Magister Manajemen Universitas Airlangga menunjukkan hari paling sibuk terjadi pada hari Rabu dengan rata-rata tingkat kedatangan mobil sebanyak 12 mobil/jam dan kapasitas dari petugas parkir dalam melayani mobil sebanyak 11 mobil/jam, artinya tingkat kesibukan petugas parkir mencapai 83% dan tingkat kepenuhan sistem mencapai 24%. Masalah kinerja sistem antrian terletak pada tingginya tingkat kedatangan nasabah yang melampaui kapasitas dari pintu masuk parkir. Selain itu kurangnya konsistensi dari petugas parkir menyebabkan beberapa mobil non mahasiswaterkadang bisa memasuki sistem. Usulan pengadaan mesin scan barcode pada KTM mahasiswa bisa mengurangi inconsistent pada petugas parkir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 306/15 Pur a
Uncontrolled Keywords: Antrian, Kapasitas Terbatas, Tingkat Kedatangan, Tingkat Pelayanan.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
MIRNA INDA PURWANDANINIM041112191
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIndrianawati UsmanNIDN
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 13 Oct 2015 12:00
Last Modified: 22 May 2020 18:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/3958
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item