Rio Febriannur Rachman (2015) Representasi Muslim Dalam Film-Film Produksi Hollywood (Analisis Dua Film Kathryn Bigelow: The Hurt Locker Dan Zero Dark Thirty). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (803kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (731kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (723kB) |
|
Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (865kB) |
|
Text (BAB II)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN KERANGKA TEORI.pdf Restricted to Registered users only until 25 May 2023. Download (806kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 25 May 2023. Download (783kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
7. BAB IV GAMBARAN UMUM.pdf Restricted to Registered users only until 25 May 2023. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
8. BAB V TEMUAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only until 25 May 2023. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI)
9. BAB VI KESIMPULAN DAN PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only until 25 May 2023. Download (716kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (702kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
11. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 25 May 2023. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana muslim direpresentasikan dalam film-film produksi Hollywood: The Hurt Locker dan Zero Dark Thirty. Juga untuk mengetahui stereotip-stereotip tentang Islam dan pemeluknya dalam film-film tersebut. Unsur-unsur pembentuk dalam dua film tersebut: naratif dan sinematik, ditelaah untuk mengetahui gambaran-gambaran muslim dan diskursus tentang Islam dan pemeluknya. Unsur-unsur tersebut terdiri dari unsur pembentuk lainnya seperti setting, busana, dan suara serta adegan. Penelitian kualitatif ini menggunakan teori representasi untuk melihat bagaimana muslim diwacanakan dalam film-film tersebut. Peneliti memakai sudut pandang area site of self dalam analisis visual untuk memaknai dan menginterpretasikan diskursus tersebut. Kemudian, menarik kesimpulan terkait bagaimana representasi muslim dan stereotip-stereotip yang ditampilkan. Hasilnya, terdapat tiga poin gambaran muslim yang direpresentasikan dalam film-film tersebut. Pertama, stereotip terhadap muslim yang digambarkan radikal, suka melakukan kekerasan dan anti perdamaian. Kedua, muslim digambarkan sebagai pemeluk agama Islam yang konservatif anti perkembangan zaman dan kolot dalam bertindak. Ketiga, muslim digambarkan sebagai kaum yang lemah. Di negerinya sendiri, muslim disetir oleh kedigdayaan Amerika Serikat (AS) di sisi penjagaan keamanan dan militer. Muslim juga digambarkan menjadi objek kekerasan karena kelemahannya tersebut.
Item Type: | Thesis (Thesis) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 TSK. 24-15 Rac r | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Representation, Muslim, Discourse, Hollywood Movie. | |||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion > BL51-65 Religion in Relation to Special Subjects | |||||||||
Divisions: | 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Forensik | |||||||||
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Depositing User: | Nn Husnul Khotimah | |||||||||
Date Deposited: | 18 Oct 2016 03:58 | |||||||||
Last Modified: | 25 May 2020 13:45 | |||||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39621 | |||||||||
Sosial Share: | ||||||||||
Actions (login required)
View Item |