E-Dakwah Nahdatul Ulama Dan Muhammadiyah: Penggunaan Twitter Sebagai Media Dakwah Kontemporer

Elfara Shadrina (2015) E-Dakwah Nahdatul Ulama Dan Muhammadiyah: Penggunaan Twitter Sebagai Media Dakwah Kontemporer. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (243kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (100kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (52kB)
[img] Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (160kB)
[img] Text (BAB II)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only until 26 May 2023.

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 26 May 2023.

Download (45kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV GAMBARAN UMUM OBJEK PENELITAN.pdf
Restricted to Registered users only until 26 May 2023.

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8. BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 26 May 2023.

Download (643kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
9. BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 26 May 2023.

Download (81kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 26 May 2023.

Download (578kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan teknologi informasi mulai dimanfaatkan sebagai sarana dakwah sehingga muncul istilah e-dakwah. E-dakwah merupakan respon aktifkreatif yang muncul dari kesadaran akan sisi positif teknologi informasi. Edakwah menjadi perlu dilakukan karena penyebaran dakwah secara konvensional dibatasi oleh ruang dan waktu, sedangkan e-dakwah dapat dilaksanakan melintasi atas ruang dan waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konten edakwah kontemporer twitter Nahdatul Ulama dan Muhammadiyah dan interaktivitas e-dakwah kontemporer twitter Nahdatul Ulama dan Muhammadiyah dari konten yang disampaikan admin kepada followers Data penelitian dikumpulkan melalui dokumentasi konten twitter dan wawancara mendalam dengan para informan, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis tekstual dan analisis naratif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) konten e-dakwah kontemporer dalam akun twitter Nahdatul Ulama dan Muhammadiyah memuat tentang aspek-aspek aqidah, syariah, akhlaq, dan muamalah (pendidikan, organisasi, politik) dalam Islam; (2) interaktivitas e-dakwah dari konten yang disampaikan dalam akun twitter Nahdatul Ulama dan Muhammadiyah mendapat tanggapan yang positif dari followers karena mampu menciptakan pemahaman followers mengenai berbagai aspek tentang Islam (aqidah, syariah, akhlaq, dan muamalah) dalam perspektif yang lebih luas dan terbuka. Twitter Nahdatul Ulama cenderung bersifat "searah" (one way interactivity) dalam bentuk tweet dan retweet, di mana admin hanya men-tweet dan me-retweet followers dan dalam akun twitter Muhammadiyah lebih bersifat "dua arah" (two ways interactivity). Followers dalam akun twitter @nu_online lebih heterogen karena tidak hanya dari kalangan Nahdatul Ulama dan beragama Islam, twitter @muhammadiyah homogen karena followers mayoritas beragama Islam.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK. 27-15 Sha e
Uncontrolled Keywords: Twitter, E-dakwah, Nahdatul Ulama, Muhammadiyah.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion > BL51-65 Religion in Relation to Special Subjects
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Elfara ShadrinaNIM071314853012
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHenri SubiaktoNIDN0029036204
Thesis advisorRachmah IdaNIDN0024056901
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 21 Oct 2016 19:48
Last Modified: 26 May 2020 10:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39640
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item