PERBEDAAN SEBELUM DAN SESUDAH PEMBERIAN MUSIK PENGIRING KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS PEKERJA (Studi Pada Pekerja Bagian Pengemasan di UD. Sumber Barokah)

PRIESTIANA MUGI RAHAYU, 101311123103 (2016) PERBEDAAN SEBELUM DAN SESUDAH PEMBERIAN MUSIK PENGIRING KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS PEKERJA (Studi Pada Pekerja Bagian Pengemasan di UD. Sumber Barokah). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (541kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
367. 40179.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pekerja pada bagian pengemasan memiliki risiko mengalami kebosanan dan kelelahan akibat pekerjaan yang berulang, monoton, dan kurang bervariasi sehingga berpengaruh terhadap produktivitas pekerja. Salah satu faktor untuk meningkatkan produktivitas adalah dengan menggunakan musik pengiring kerja. UD. Sumber Barokah merupakan sebuah industri kerupuk dengan proses pengemasan yang masih manual. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis perbedaan sebelum dan sesudah pemberian musik pengiring kerja terhadap produktivitas pekerja bagian pengemasan di pabrik kerupuk UD. Sumber Barokah. Rancangan penelitian menggunakan rancangan perlakuan ulang atau one group pre and pos- test design. Bila dilihat dari segi waktunya penelitian ini menggunakan rancangan rangkaian waktu (time series design). Responden sebanyak 25 orang diambil dari populasi dengan cara simple random sampling. Wawancara dengan kuesioner dilakukan terhadap responden untuk mendapatkan informasi mengenai karakteristik responden dan identifikasi jenis musik yang disukai. Observasi dilakukan pada penelitian kali ini dengan melakukan pengamatan untuk mengetahui output produktivitas per hari dalam tiga hari tanpa pemberian musik dan tiga hari dengan pemberian musik Variabel bebas penelitian adalah usia, masa kerja, status gizi, kondisi pendengaran, dan kondisi kesehatan serta jenis musik yang disukai. Peningkatan produktivitas dari pemberian musik pengiring kerja (musik dangdut) pada penelitian ini sebesar 16,6%. Uji menggunakan Paired TTestmenunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah pemberian musik pengiring kerja (musik dangdut) yaitu (p=0,000). Kesimpulan yang dapat ditarik adalah ada perbedaan sebelum dan sesudah pemberian musik pengiring kerja (musik dangdut) terhadap produktivitas pekerja bagian pengemasan pabrik kerupuk UD. Sumber Barokah. Musik pengiring kerja sebaiknya diputar di bagian pengemasan UD. Sumber Barokah untuk meningkatkan produktivitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.23/16 Rah p
Uncontrolled Keywords: Musik, Produktivitas, Pekerja pengemasan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
T Technology > TS Manufactures > TS155-194 Production management. Operations management
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
PRIESTIANA MUGI RAHAYU, 101311123103UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMulyono, S.KM., M. Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: mat sjafi'i
Date Deposited: 04 Aug 2016 01:19
Last Modified: 09 Jul 2017 18:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40179
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item