Konstruksi Budaya Kematian dalam Forum Disturbing Picture Kaskus (Analisis Semiotika Sosial terhadap Foto Kematian dan Reply Pengguna Forum Disturbing Picture dalam Thread )

Sandra Septya Mega, 071211532013 (2016) Konstruksi Budaya Kematian dalam Forum Disturbing Picture Kaskus (Analisis Semiotika Sosial terhadap Foto Kematian dan Reply Pengguna Forum Disturbing Picture dalam Thread ). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (917kB) | Preview
[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
FIS.K.34-16 Meg k HLMN DPN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.K.34-16 Meg k FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
FIS.K.34-16 Meg k DFTR PUSTK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada konstruksi budaya kematian dalam forum Disturbing Picture Kaskus. Penelitian ini membahas mengenai pandangan baru dalam memaknai kematian yang difasilitasi oleh komunitas virtual. Topik ini dianggap menarik karena saat ini kematian tidak hanya dipahami sebagai sebuah proses, tetapi kemudian muncul sebuah ketertarikan, aktifitas konsumsi, aktifitas mencari tahu, obsesi hingga kesenangan yang dapat disebabkan oleh kematian. Dalam forum disturbing picture fenomena tersebut ditandai dengan aktifitas mengunggah foto kematian, menonton, berkomentar hingga menertawakan sebuah potret kematian yang sebelumnya dianggap sebagai hal yang sakral. Peneliti menggunkaan tinjauan pustaka Budaya kematian (cultura della morte) dan komoditas; New Media, Cyberspace sebagai ruang publik virtual dan terbentuknya cybercuture; Komunitas Virtual sebagai bentuk transmisi baru kelompok sosial; Fotografi dan Kematian; Gender dan Semiotik Sosial. Peneliti dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian eksploratif untuk dapat mengungkap fenomena mengenai konstruksi budaya kematian yang ada dalam forum disturbing picture Kaskus. Dari analisis yang telah dilakukan oleh peneliti, ditemukan bahwa mekanisme dan fitur yang ada dalam forum disturbing picture Kaskus memunculkan sebuah konstruksi budaya kematian baru dimana pandangan mengenai objek kematian dikaitkan dengan nilai-nilai asosiatif yang dalam penelitian ini berupa gender.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.K.34/16 Meg k
Uncontrolled Keywords: Budaya Kematian, Kematian, Komunitas Virtual , Media Baru, Semiotika Sosial
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Sandra Septya Mega, 071211532013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKandi Aryani Suwito, S.Sos, M.AUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 29 Aug 2016 00:38
Last Modified: 07 Jun 2017 16:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41245
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item