FUNGSI DISHWASHING DALAM MENUNJANG KELANCARAN OPERASIONAL STEWARDING DI BALI IMPERIAL HOTEL

YULI ENDARWATI, NIM0191103171 S (2001) FUNGSI DISHWASHING DALAM MENUNJANG KELANCARAN OPERASIONAL STEWARDING DI BALI IMPERIAL HOTEL. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK FIS PW 29 02End f.pdf

Download (444kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada mulanya peneiitian ini hanya merupakan ketertarikan penulis akan bagaimana fungsi dishwashing dan bagaimana cara pengoperasionalan mesin dishwashing yang ada di Bali Imperial Hotel sebagai salah satu hotel berbintang lima yang ada di pulau Bali. Dan hasil tersebut tentu saja tidak lepas dari peranan pihak stewarding Hotel Bali Imperial sendiri. Sehubungan dengan itu maka permasalahan yang dibahas adalah fungsi stewarding dan dishwashing, bentuk / langkah yang diambil pihak stewarding guna mengatasi masalahnya dimana fungsi dishwashing tidak dioperasionalkan dengan semaksimal mungkin, dan bagaimana atau chemical apa saja yang digunakan. Pada penelitian ini menggunakan tipe penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Oleh karena itu peneliti menggunakan informan sebagai berikut : steward manager, assistant steward manager, dishwasher. Pemilihan informan ini dikarenakan penulis dapat mengambil informasi sebanyak banyaknya dan mereka menguasai permasalahan tentang dishwashing mesin, sedangkan dishwasher diambil karena mereka berhubungan langsung dengan mesin dishwashing. Data -data diperoleh melaIui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan tehnik analisa data dilakukan melalui pendekatan yang sifatnya kualitatif. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa fungsi dishwashing mesin adalah mempermudah dan memperingan pekeIjaan dishwasher, melindungi dishwasher dari pengaruh buruk chemical pada saat pencucian.Pengertian stewarding itu sendiri adalah departement atau seksion di hotel yang bertanggung jawab terhadap pengadaan food and beverage material and equipment. Selama ini mesin dishwashing tidak digunakan dengan sebaik mungkin dan hal ini kurang menguntungkan bagi pihak stewarding selaku pihak yang bertanggung jawab terhadap keberadaan mesin tersebut. Untuk mengatasi masalah tersebut maka perlu diarnbil langkah -langkah sebagai berikut : pemberian training kepada para dishwsher, melakukan proses warehandling sebagai pengganti langkah manual dishwashing, cara pengoperasionalan dishwashing mesin secara baik dan benar dan penggunaan chemical yang tepal.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FIS PW 29-02 End f
Uncontrolled Keywords: STEWARDING
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA213-215 Engineering machinery, tools, and implements
T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pariwisata (D3)
Creators:
CreatorsNIM
YULI ENDARWATI, NIM0191103171 SNIM0191103171 S
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 16 Nov 2016 18:49
Last Modified: 16 Nov 2016 18:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45879
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item