ANALISA HASIL KERJA ANTARA ROOM BOY DAN ROOM MAID TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KAMAR

IMAM SHOLEH, 079610013·S (2000) ANALISA HASIL KERJA ANTARA ROOM BOY DAN ROOM MAID TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KAMAR. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK FIS PW 48 00 Sho a.pdf

Download (435kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

House Keeping Departement adalah Suatu bagian dalam suatu hotel yang bertanggung jawab atas kebersihan, keindahan, kerapian, kelengkapan, kenyamanan serta keamanan area umum lainnya yang menjadi ruang lingkup tugasnya. Di dalam House Keeping Departement tenaga Room boy seharusnya dibutuhkan lebih banyak dibandingkan dengan tenaga Room maid. Pertama di hotel Satelit memang lebih banyak Room boynya dibanding dengan Room maid tapi lama kelamaan Room maidnya justru malah semakin banyak, sehingga menimbulkan masalah intern yang menyebabkan para Room boy ada yang keluar. Dalam pelaksanaan keseharian, setiap perusahaan pada umumnya berusaha untuk memberikan kesejahteraan bagi karyawan. Hal ini ditujukan untuk meningkatkan kualitas kerja karyawannya Namun pada beberapa hotel mengalami kendala kendala yang dapat mempengaruhi kualitas kelja karyawannya. Seperti misalnya di House Keeping kurangnya jumlah obat pembersih, kurangnya peralatan kebersihan dll. Yang dapat membuat Room boy / Room maidnya kurang efektif dalam bekerja. lokasi penelitian dilakukan di Hotel Satelit yang terletak di jalan Mayjend. Sungkono 139 Surabaya karena pihak manajemen dari Hotel Satelit Surabaya Karena pihak manajemen hotel masih kurang baik karena owner seialu ikut campur dalam mengatur setiap departemen seperti misalnya untuk penekanan anggaran di House Keeping dan lain -lain. Penelitian ini menggunakan data primer yang berasal dari dokumen dokumen perusahaan yang dianalisa dengan menggunakan rumus hasil kerja Room boy dan Room maid untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya terhadap kualitas pelayanan. Kemudian dianalisa secara deskriptif dan hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa hasil kerja Room boy / Room maid mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap kualitas pelayanan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FIS PW 48 - 00 Sho a
Uncontrolled Keywords: HOTEL - MANAGEMENT
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pariwisata (D3)
Creators:
CreatorsNIM
IMAM SHOLEH, 079610013·SUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDian Yulie Reindra Wati, S.sos.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 16 Nov 2016 19:25
Last Modified: 16 Nov 2016 19:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45887
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item