RUSYDI, 049711560 E
(2002)
ANALISIS PENGARUH KEPUASAN ATAS ATRIBUT
SURAT KABAR TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN
PADA HARlAN JAWA POS DI SURABAYA.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Pada masa-masa sekarang ini persaingan antara perusahaan yangg satu dengan yang lain semakin komplek. Hal ini disebabkan oleh berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang menyebabkan semua orang dapat berhubungan dengan siapa saja di mana saja dan kapan saja, sehingga persaingan tidak lagi bersifat regional tetapi telah menjadl global.
Agar suatu perusahaan mampu memenangkan persaingan maka diperlukan suatu usaha yang dapat membuat pelanggan menjadi setia untuk mcnggunakan produk perusahaan terscbut. Salah satu cara untuk menjadikan pelanggan loyal (setia) adalah dengan mengusahakan agar mereka merasa puas terhadap produk tersebut, karena perasaan puas akan mendorong konsumen untuk melakukan pengulangan pembelian yang pada akhirnya capat menumbuhkan rasa loyal (setia).Variabel yang digunakan pada pcnelitian ini adalah kepuasan pelanggan terhadap atribut surat kabar Jawa Pos (X) yang terdiri dari aktualitas berita, penyajian berita, pengolahan berita. nilai artistik, ukuran surat kabar, dan loyalitas (Y), Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesloner kepada 150 orang pelanggan yang lama berlangganannya minimal lima tahun, dengan mcnggunakan metode pcngambilan sample purposive 1non random sampling. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode regresi linier berganda.
Hasil analisis yang dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi 9.00 menghasilkan persamaan regresj, Y= 0,365 + 0,424 X1 + 0,266 X2 + 0,201 X3 + 0,126 X4 + 0,09 X5. Selain itu dari uji t tampak bahwa tingkat signifikasinya dari masing-masing variabel bebas berada dibawah 0,05 serta nilai F hitung, yang diperoleh dari uji F hitung sebesar 67,877 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000.
Dari hasil analisls diatas dapat disimpulkan bahwa kepuasan pelanggan alas atribut-atribut surat kabar memiliki pcngaruh yang signifikan terhadap loyahtas merekaa atas surat kabar tersebut. Apabila kepuusan pelanggan atas salah satu atribut menurun, maka perasaan loyal pelanggan tersebut juga akan menurun, begitu juga sebaliknya, apabila kepuasan pelanggan atas salah salu atribut surat kabar meningkat maka perasaan loyal pelangganJuga akan memngkaL
Actions (login required)
|
View Item |