Qumairy Lutfiyah (2015) Efektivitas Intervensi Keterampilan Self-Regulated Learning (Srl) Dan Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Keperawatan Penelitian Quasy Experiment. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (290kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (67kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (64kB) |
|
Text (BAB I)
4. BAB 1.pdf Download (92kB) |
|
Text (BAB II)
5. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
6. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (44kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
7. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
8. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI)
9. BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (16kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (73kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
11. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (869kB) | Request a copy |
Abstract
Mahasiswa seringkali mengalami penurunan hasil belajar karena strategi belajar yang tidak efektif. Keterampilan Self-Regulated Learning (SRL) dan tutor sebaya merupakan solusi agar mahasiswa mencapai hasil belajar yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemberian keterampilan SRL dan tutor sebaya dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan desain quasy experimental. Populasi yang digunakan adalah mahasiswa angkatan 2013 Program Studi Pendidikan Ners FKp UNAIR Surabaya Bulan Mei-Juni 2015 dengan total sampel 36 mahasiswa yang diambil berdasarkan teknik purpossive sampling dan dibagi menjadi kelompok perlakuan 1 (keterampilan SRL), perlakuan 2 (keterampilan SRL dan tutor sebaya) serta kelompok kontrol. Variabel independen adalah keterampilan SRL dan tutor sebaya, variabel dependen adalah hasil belajar mahasiswa dan tingkat SRL. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan Paired T-Test, LSD dan Games Howel dengan level signifikan p≤0,05. Hasil Paired t-Test pada tingkat SRL kelompok perlakuan 1 p=0,00, perlakuan 2 p=0,00 dan pada kelompok kontrol p=0,383. Hasil Paired t-Test pada hasil belajar kelompok perlakuan 1, perlakuan 2 dan kelompok kontrol seluruhnya p=0,000. Hasil LSD pada tingkat SRL ketiga kelompok p=0,000 dan hasil Games Howel pada hasil belajar ketiga kelompok p=0,000 dengan peningkatan tertinggi pada kelompok perlakuan 2 pada masing-masing uji. Sehingga dapat disimpulkan bahwa intervensi keterampilan SRL dan tutor sebaya lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan tingkat SRL mahasiswa dikarenakan strategi belajar yang efektif dilengkapi pendampingan belajar tutor sebaya. Penelitian yang akan datang diharapkan melibatkan lebih banyak responden dengan waktu penelitian yang lebih lama.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKC KK FKP N 178-16 Lut e | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Self-Regulated Learning (SRL), tutor sebaya, strategi belajar, hasil belajar | |||||||||
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education | |||||||||
Divisions: | 13. Fakultas Keperawatan | |||||||||
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Depositing User: | Nurma Harumiaty | |||||||||
Date Deposited: | 19 Dec 2016 18:43 | |||||||||
Last Modified: | 07 May 2020 15:22 | |||||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49551 | |||||||||
Sosial Share: | ||||||||||
Actions (login required)
View Item |