Identifikasi Penyebab Ketidakefektifan Berth Time Kapal Kargo Dan Usulan Perbaikannya Di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin

Marsa Hadi Iswara (2015) Identifikasi Penyebab Ketidakefektifan Berth Time Kapal Kargo Dan Usulan Perbaikannya Di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (Cover)
1.cover.pdf

Download (369kB)
[img] Text (Abstrak)
2.abstrak.pdf

Download (83kB)
[img] Text (Daftar Isi)
3.daftar isi.pdf

Download (87kB)
[img] Text (Bab 1)
4.bab 1.pdf

Download (344kB)
[img] Text (Bab 2)
5.bab 2.pdf
Restricted to Registered users only until 28 February 2023.

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 3)
6.bab 3.pdf
Restricted to Registered users only until 28 February 2023.

Download (128kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 4)
7.bab 4.pdf
Restricted to Registered users only until 28 February 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8.bab 5.pdf
Restricted to Registered users only until 28 February 2023.

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9.daftar pustaka.pdf

Download (105kB)
[img] Text (lampiran)
10.lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 28 February 2023.

Download (670kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari sekitar 17.508 pulau dan memiliki penduduk dengan jumlah 240 juta. Letak negara yang sangat strategis menjadikan Indonesia sebagai pusat penting dalam distribusi dan aktifitas perdagangan jalur laut dunia. Menanggapi peningkatan arus barang yang masuk maupun keluar, Indonesia memerlukan sektor pelabuhan yang baik dan dikelola dengan efektif dan efisien. Dimana pelayanan yang efektif dan efisien terhadap pengguna pelabuhan (kapal, barang dan penumpang) adalah modal dasar bagi perkembangan suatu pelabuhan (Triatmodjo, 2009). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor dan penyebab terjadinya ketidakefektifan saat berth time kapal kargo di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin yang dikelola oleh PT. Pelabuhan Indonesia III Banjarmasin menggunakan diagram cause and effect. Setelah penyebab dapat diidentifikasi, maka usulan perbaikan dapat diberikan dalam upaya meningkatkan efektifitas berth time kapal kargo di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin. Identifikasi penyebab ketidakefektifan dilakukan dengan cara wawancara dan observasi secara langsung terhadap beberapa informan yang mengerti dan terlibat dalam proses berth time kapal kargo. Dari hasil identifikasi didapatkan lima faktor penyebab terjadinya ketidakefektifan, yaitu manusia, fasilitas/mesin, lingkungan, material, dan proses/pelayanan. Kelima faktor tersebut kemudian dijabarkan lebih mendalam menggunakan diagram cause and effect dan diskusi dengan pihak perusahaan untuk mendapatkan akar masalah. Hasil analisis menunjukkan bahwa kurangnya fasilitas pada pelabuhan serta kerusakan mesin yang menyebabkan kegiatan terhenti menjadi penyebab utama permasalahan tersebut. Usulan perbaikan yang diberikan adalah penambahan fasilitas dan penerapan preventive maintenance untuk memperpanjang umur mesin dan mengurangi tingkat terjadinya kerusakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 242/15 Isw i
Uncontrolled Keywords: PREVENTIVE MAINTENANCE
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC203-380 Harbors and coast protective works. Coastal engineering. Lighthouses
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
Marsa Hadi Iswara041112052
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPuspandam KatiasUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 10 Nov 2015 12:00
Last Modified: 29 May 2020 02:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/5669
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item