NILA RAHMAWATI, 049811908 E
(2004)
PENGARUH GROWTH OPPORTUNITY, STRUKTUR AKTIVA,
UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS
TERHADAP STRUKTUR MODAL PERUSAHAAN
(STUDI PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MlNUMAN DI BEJ 1997-2002).
Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Perusahaan selalu dihadapkan pada keputusan pembiayaan dalarn membiayai aktivitas perusabaannya. Keputusan pembiayaan berarti memilih suatu cam pembiayaan dari sejumlah altematif pembiayaan yang ada dengan mempertimbangkan biaya modal paling efisien. Keputusan perusahaan dalarn memilih altematif surnber dana untuk membiayai kebutuhan dananya akan mempengaruhi struktur modal perusahaan.
Penelitian ini berkaitan dengan analisis faktor-faktor yang mempengaruhi struktur modal perusahaan. Dalarn penelitian ini akan dianalaisis bagaimana pengaruh faktor-faktor growth opportunity, struktur aktiva, ukuran perusahaan, dan profitabiltas terhadap struktur modal perusahaan manufaktur yang go publik di Bursa Efek Jakarta periode 1997-2002. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda untuk mengetahui bagaimana pengaruh growth opportunity, struktur aktiva, ukuran perusahaan, dan profitabilitas terhadap stuktur modal perusahaan.
Setelah melakukan pengujian, basil penelitian menunjukkan bahwa struktur modal secara signifikan dipengaruhi oleh faktor-faktor growth opportunity, struktur aktiva, ukuran perusahaa.n, dan profitabilitas, dimana growth opportunity dan profitabilitas berpengaruh negatif terhadap struktur modal, sedangkan struktur aktiva dan ukuran perusahaan berpengaruh positif Faktor-faktor tersebut secara bersarnasarna mempengaruhi 11,4% variasi variabel struktur modal. Dengan dernikian sebailotya pihak kreditur mempertimbangkan faktor tersebut dalarn memberikan pinjarnan, dan pihak manajemen sebaiknya mempertimbangkan faktor tersebut dalarn keputusan stuktur modalnya.
Actions (login required)
|
View Item |