EVALUASI PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PERBANKAN SYARIAH DALAM PRESPEKTIF SHARI’AH ENTERPRISE THEORY (STUDI KASUS BANK MUAMALAT INDONESIA)

ARUM SEKARINI, 041311333188 (2017) EVALUASI PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PERBANKAN SYARIAH DALAM PRESPEKTIF SHARI’AH ENTERPRISE THEORY (STUDI KASUS BANK MUAMALAT INDONESIA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 359-17 Sek e Abstrak.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
A 359-17 Sek e Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 6 November 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengungkapan tanggung jawab sosial PT Bank Muamalat Indonesia melalui laporan tahunannya menggunakan konsep Shari’ah Enterprise Theory. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis informasi-informasi yang disediakan Bank Muamalat dalam laporan tahunannya sehubungan dengan pengungkapan tanggung jawab sosial untuk kemudian dibandingkan dengan item-item pengungkapan dalam penelitian terdahulu mengenai Shari’ah Enterprise Theory. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan bantuan semiotik dimana analisisnya bersifat deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa dokumen tertulis yakni laporan tahunan PT Bank Muamalat Indonesia tahun 2016. Laporan tahunan tersebut kemudian dianalisis untuk memahami maksud informasi yang disajikan. Penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan tanggung jawab sosial Bank Muamalat dalam laporan tahunannya sudah sebagian besar memenuhi konsep Shari’ah Enterprise Theory yang terdiri dari akuntabilitas vertikal kepada Allah SWT dan akuntabilitas horizontal kepada manusia (nasabah, karyawan, dan masyarakat). Namun pada poin akuntabilitas horizontal kepada alam atau lingkungan hidup masih memerlukan perbaikan pengungkapan dalam laporan tahunan BMI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 A.359/17 Sek e
Uncontrolled Keywords: pengungkapan tanggung jawab sosial, Shari’ah Enterprise Theory, laporan tahunan, Bank Muamalat Indonesia
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
ARUM SEKARINI, 041311333188UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSoegeng Soetedjo, Prof. Dr. , SE., Ak., CAUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 01 Jan 2018 19:31
Last Modified: 01 Jan 2018 19:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65794
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item