PERILAKU PRODUKSI RUMAH MAKAN MUSLIM DALAM MENGHADAPI KENAIKAN HARGA BAHAN POKOK ( STUDI KASUS PADA RUMAH MAKAN DI KECAMATAN BAURENO KABUPATEN BOJONEGORO )

RAHMANIA NUR, 041311433201 (2018) PERILAKU PRODUKSI RUMAH MAKAN MUSLIM DALAM MENGHADAPI KENAIKAN HARGA BAHAN POKOK ( STUDI KASUS PADA RUMAH MAKAN DI KECAMATAN BAURENO KABUPATEN BOJONEGORO ). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
FEB.EI.05-18 Nur p ABSTRAK.pdf

Download (141kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FEB.EI.05-18 Nur p SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 23 February 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola perilaku produksi rumah makan muslim dalam menghadapai kenaikan harga bahan pokok. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif studi kasus deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi pada pihakpihak yang terkait, sedangkan data sekunder dalam penelitian ini diperoleh dari media cetak, elektronik maupun internet tentang pola produksi Islami, data penunjang dari berbagai jurnal, buku-buku yang relevan terhadap penelitian. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa Kenaikan harga bahan pokok memberikan dampak pada perilaku produksi rumah makan muslim di Baureno. Kenaikan harga bahan pokok membuat pelaku industri rumah makan di kecamatan Baureno merubah harga dan kuantitas menu yang ada pada rumah makannya. Kenaikan harga yang demikian itu ternyata masih dalam batasan wajar dan sesuai dengan prinsip produksi ekonomi Islam, mengambil keuntungan secara adil dan tidak merugikan pelanggan. Produsen rumah makan muslim secara keseluruhan telah melakukan produksi secara Islami.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB.EI.05/18 Nur p
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
RAHMANIA NUR, 041311433201UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIRHAM ZAKI, Dr., S.Ag.MEIUNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 22 Feb 2018 21:42
Last Modified: 22 Feb 2018 21:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70026
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item