IDA AYU MAITRY SANJIWANI, 111514153002 (2018) PERUBAHAN PEMBELAJARAN TEACHER CENTERED LEARNING MENJADI STUDENT CENTERED LEARNING:PENELITIAN TINDAKAN PADA GURU PAUD. Thesis thesis, Universitas Airlangga.
Text (abstrak)
abstrak.pdf Download (303kB) |
|
Text (full text)
full text.pdf Restricted to Registered users only until 9 January 2022. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Prinsip pembelajaran PAUD dalam Kurikulum 2013 adalah berpusat pada siswa ataustudent centered learning.Kurikulum 2013 mulai diberlakukan sejak tahun ajaran 2014/2015, namun terdapat sekolah yang masih menerapkan teacher centered learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan pembelajaran teacher centered learning menjadi student centered learning dan faktorfaktor yang mempengaruhinya Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian yaitu penelitian tindakan. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam 2 siklus dengan masingmasing 3 sesi. Subjek penelitian berjumlah 3 orang guru TK A. Alat ukur yang digunakan adalah observasi berdasarkan karakteristik student centered learning dalam Kurikulum 2013. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Telah terjadi perubahan pembelajaran teacher centered learning menjadi student centered learning, yang dengan munculnya keempat belas target perilaku dari ketiga aspek pembelajaran student centered learning; 2) Perubahan yang terjadi adalah perubahan positif karena setelah dilakukan penelitian tindakan terjadi peningkatan jumlah kemunculan target perilaku jika dibandingkan dengan observasi awal; 3) Perubahan ini dipengaruhi oleh faktor kondisi kelas, kemampuan dan motivasi guru, serta materi ajar; 4) Perubahan pada aspek dari student centered learning pada setiap guru berbedabeda. Hal ini dipengaruhi oleh kemampuan dan motivasi yang berbedabeda pada setiap guru. Implikasi dari penelitian ini adalah guru memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menerapkan pembelajaran student centered learning.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK TPsi 32/18 San p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Student Centered Learning, Teacher Centered Learning, 2013 Curriculum | ||||||
Subjects: | K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3740-3762 Education | ||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 09 Jan 2019 06:21 | ||||||
Last Modified: | 09 Jan 2019 06:21 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78046 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |