YOGIE SURYA DHANIRIZKA, 040113808 (2008) FAKTOR-FAKTOR EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LOCAL AREA NETWORK (LAN) DALAM KOMUNIKASI DATA HASIL PENELITIAN YANG BERPENGARUH TERHADAP KINERJA ORGANISASI : STUDI KASUS PADA PUSLITBANG SISTEM DAN KEBIJAKAN KESEHATAN DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2009-dhanirizka-8392-a23208.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text (HALAMAN DEPAN)
gdlhub-gdl-s1-2009-dhanirizka-1.pdf Download (305kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-dhanirizka-2..pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (LAMPIRAN)
gdlhub-gdl-s1-2009-dhanirizka-Lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan dan kemajuan teknologi informasi di Indonesia telah merambah sampai ke tingkat kabupaten/kota, sehingga diperlukan percepatan penyampaian informasi yang berupa hasil-hasil penelitian kepada stakeholder dan klien, yakni pengelola program di pusat (Depkes) maupun di daerah. Permasalahan yang muncul adalah apakah penggunaan program Local Area Network (LAN) sebagai salah satu media untuk melakukan komunikasi data laporan penelitian dan laporan keuangan dapat meningkatkan kinerja organisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan Local Area Network (LAN) dalam komunikasi data hasil penelitian dan laporan keuangan serta dampaknya terhadap kinerja organisasi pada Puslitbang Sistem dan Kebijakan Kesehatan di Surabaya Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatoris dengan populasi seluruh karyawan pengguna (user) jaringan di Puslitbang Sstem dan Kebijakan Kesehatan di Surabaya, sedangkan sampel dipilih secara random sebanyak 30 karyawan yang terdiri dari karyawan dengan jabatan struktural dan fungsional. Varabel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi variabel dampak individual (individual impact), kepuasan pemakai jaringan (user satisfaction), keterlibatan pemakai jaringan (user involvement), dukungan manajemen puncak (top management support), dan kualitas pelayanan informasi (information service quality). Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner yang menggunakan Skala Likert dan wawancara mendalam (depth interview). Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi LAN di Puslitbang Sistem dan Kebijakan Kesehatan di Surabaya memberkan dampak individual bagi pemakai (9,4% tidak setuju), memberikan kepuasan bagi pemakai jaringan (17,2% tidak setuju), meningkatkan keterlibatan pemakai (10% tidak setuju), dukungan manajemen puncak (11,4% tidak setuju), kualitas pelayanan jaringan (20,3% tidak setuju). Frekuensi penggunaan sebagian besar (61,7%) di atas 2 jam per hari. Variabel-variabel dari efektivitas penggunaan LAN secara bersama-sama tidak berpengaruh terhadap kinerja organisasi (a = 0,07) dengan formula yang dapat dirumuskan : Y = -0,256 + 0,121 X1 + 0,407X2 + 0,224 X3 – 4,324E-02 X4 + 0,191 X5 + e Secara parsial, variabel kepuasan pemakai jaringan berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja organisasi (a = 0,049) dengan R square sebesar 0,390. Variabel dampak individual, keterlibatan pemakai jaringan, dukungan manajemen puncak dan kualitas pelayanan secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja organisasi di Puslitbang Sistem dan Kebijakan Kesehatan di Surabaya (thitung < ttabel) Untuk itu perlu dilakukan upaya peningkatan kepuasan pemakai melalui peningkatan kompetensi petugas sistem informasi melalui pelatihan (inservice training and upgrading), kemudahan akses dan memberikan kenyamanan bagi pemakai serta pemberian `reward' bagi petugas sistem informasi.
Actions (login required)
View Item |