PENGARUH PARTISIPASI GURU DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN TERHADAP OCB DENGAN EMPOWERMENT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA GURU SMA MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA

SYIFAANI USRUL, 040510539 (2011) PENGARUH PARTISIPASI GURU DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN TERHADAP OCB DENGAN EMPOWERMENT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA GURU SMA MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-wiladahsyi-19967-b5511-k.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-syifaanius-16738-b5511-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

OCB sangat penting bagi keberhasilan organisasi, karena pada dasarnya organisasi tidak dapat mengantisipasi seluruh perilaku dalam organisasi hanya dengan mengandalkan deskripsi kerja yang dinyatakan secara formal saja. OCB mampu meningkatkan keberhasilan organisasi melalui kemampuan mengalokasikan sumber daya secara lebih efektif. OCB imenjadi fitur penting bagi sekolah, karena tergantung pada guru yang bersedia memberikan kontribusi bagi perubahan yang akan membawa keberhasilan. Partisipasi dalam pengambilan keputusan akan mendorong timbulnya perilaku OCB lebih besar, melalui pemberdayaan. Keterlibatan dalam pengambilan keputusan yang dilakukan melalui pemberdayaan yang lebih baik, akan memberikan kesempatan untuk terlibat jauh dalam pekerjaan, sehingga mendorong kontribusi yang lebih besar, baik pada pekerjaan dan organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pengaruh partisipasi dalam pengambilan keputusan terhadap perilaku OCB guru, yang dimediasi oleh variabel pemberdayaan. Responden penelitian adalah 55 guru SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis path, dengan variabel bebas partisipasi dalam pengambilan keputusan (X), variabel intervening Empowerment (Z), dan variabel terikat OCB (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi dalam pengambilan keputusan (X) memiliki pengaruh langsung terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) (Y), karena nilai probabilitas kesalahan (P) adalah sebesar 0,000, yang lebih kecil dari nilai taraf signifikan 5% (0,05), dan partisipasi guru dalam pengambilan keputusan (X) juga berpengaruh tidak langsung terhadap OCB (Orgaizational Citizenship Behavior) melalui empowerment guru, karena nilai probabilitas kesalahan (P) untuk pengaruh variabel partisipasi dalam pengambilan keputusan (X) terhadap pemberdayaan (Z) adalah sebesar 0,000, dan begitu juga dengan nilai probabilitas kesalahan (P) untuk pengaruh variabel pemberdayaan (Z) terhadap Organizational Citizenship Behavior (Y), yang lebih kecil dari nilai taraf signifikan 5% (0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.55/11 Wil p
Uncontrolled Keywords: DECISION MAKING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5548.8 Psychology, Industrial
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
SYIFAANI USRUL, 040510539UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPraptini Yulianti, Dra. Ec. , MSiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 29 Sep 2011 12:00
Last Modified: 13 Jul 2016 01:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/8118
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item