TEXT MINING UNTUK PENGKLASIFIKASIAN KOMENTAR MASYARAKAT MENGENAI BPJS KESEHATAN PADA TWITTER DENGAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER

Dyah Putri Tsaniyah, 081511833025 (2019) TEXT MINING UNTUK PENGKLASIFIKASIAN KOMENTAR MASYARAKAT MENGENAI BPJS KESEHATAN PADA TWITTER DENGAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ST S 33-19 Tsa t - ABSTRAK.pdf

Download (43kB)
[img] Text (ABSTRACT)
ST S 33-19 Tsa t - ABSTRACT.pdf

Download (66kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
ST S 33-19 Tsa t - DAFTAR ISI.pdf

Download (55kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
ST S 33-19 Tsa t - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (48kB)
[img] Text (FULLTEXT)
ST S 33-19 Tsa t.pdf
Restricted to Registered users only until 26 June 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi yang terjadi saat ini, masyarakat dapat memberikan komentar terhadap program pemerintah Indonesia melalui jejaring sosial Twitter. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan adalah salah satu penyelenggara program jaminan kesehatan terbesar di Indonesia yang sering mendapat komentar baik berupa pengaduhan ataupun permintaan informasi dari masyarakat. Berdasarkan data yang ada sampai Januari 2019 jumlah peserta program Jaminan Kesehatan Nasional mencapai 215 juta jiwa setara dengan 80% dari jumlah penduduk Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui langkah-langkah dalam melakukan klasifikasi komentar masyarakat Indonesia dengan menggunakan algoritma dan program metode Naïve Bayes Classifier, mengetahui topik-topik yang sering diperbincangkan masyarakat Indonesia terkait dengan BPJS Kesehatan. Data berjumlah 1078 komentar berbahasa Indonesia yang di ambil dari twitter pada bulan Februari 2019 – Maret 2019 dibagi menjadi 80% data training dan 20% data testing. Berdasarkan data tersebut diperoleh hasil 37% komentar termasuk kedalam kategori kepesertaan dengan kata yang paling sering muncul adalah “kartu”, 45,6% komentar termasuk kedalam kategori pelayanan dengan kata yang paling sering muncul adalah “rumah sakit”, dan 17,4% komentar termasuk kedalam kategori tagihan dengan kata yang paling sering muncul adalah “bayar”. Hasil klasifikasi pada data training mendapatkan ketepatan klasifikasi sebesar 99%, dan pada data testing mendapatkan hasil dengan ketepatan klasifikasi sebesar 98%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST S 33/19 Tsa t
Uncontrolled Keywords: BPJS Kesehatan, Klasifikasi, Naive Bayes Classifier
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics > QA1 Mathematics (General)
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Statistika
Creators:
CreatorsNIM
Dyah Putri Tsaniyah, 081511833025UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNur Chamidah, Dr., M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorSuliyanto, Drs., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Diah Widjayanti
Date Deposited: 26 Jun 2019 09:42
Last Modified: 26 Jun 2019 09:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83924
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item