PERAN TEEN MOTHER DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI DINI PADA ANAK DI KOTA SURABAYA

Sefti Dyan Ferdiana, 071511633044 (2019) PERAN TEEN MOTHER DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI DINI PADA ANAK DI KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.40 19 Fer p.pdf

Download (35kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI_Fis.IIP.40 19 Fer p.pdf

Download (74kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA_Fis.IIP.40 19 Fer p.pdf

Download (86kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.40 19 Fer p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.IIP.40 19 Fer p.pdf

Download (499kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Literasi dini merupakan suatu kemampuan dan keterampilan pada anak usia dini yang berkaitan dengan aktivitas membaca dan menulis. Kemampuan literasi dini perlu dimiliki anak, dikarenakan jika anak memiliki kemampuan literasi awal yang baik maka anak akan memiliki kesiapan belajar dan kesuksesan akademik di sekolah formal. Dalam mengembangkan kemampuan literasi dini pada anak tentu tidak terlepas dari peran orangtuanya terutama seorang ibu. Ibu lebih memiliki banyak waktu untuk berinteraksi bersama anak dibandingkan dengan ayah yang harus bekerja mencari nafkah. Ibu harus memiliki pengetahuan yang cukup mengenai literasi dini supaya dapat membuat aktivitas yang lebih beragam di lingkungan rumah. Namun, fenomena yang terjadi saat ini banyak perempuan yang memutuskan untuk menikah muda dan menjadi teenage mother serta mengakhiri pendidikan sebelum lulus. Dengan demikian, teen mother akan memiliki kualifikasi yang rendah pada aspek kehidupan dan akan berpengaruh terhadap kemampuannya untuk mengembangkan literasi dini pada anak. Selain itu, banyak fakta membuktikan bahwa anak yang terlahir dari teen mother memiliki kemampuan rendah pada kemampuan literasi dini.Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan sampel purposive. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi dini anak dari teen mother berada pada kategori rendah dengan rata-rata 2,56. Kemampuan literasi dini yang tinggi tentu tidak terlepas dari peran yang dilakukan teen mother. Peran tersebut meliputi modelling, mentoring, organizing, dan teaching. Mayoritas teen mother sebagai mentor dan teaching sudah mampu menjalankan perannya dalam mengembangkan literasi dini pada anak. Namun sebagai model, mayoritas teen mother masih kurang mampu sedangkan mengenai perannya dalam organizing mayoritas teen mother sudah cukup mampu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP.40/19 Fer p
Uncontrolled Keywords: Literasi Dini, Pengembangan Literasi Dini, Peran Teen Mother
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ755.7-759.92 Parents. Parenthood
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Sefti Dyan Ferdiana, 071511633044UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 27 Jun 2019 05:19
Last Modified: 27 Jun 2019 05:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/84087
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item