HUBUNGAN DUKUNGAN SUAMI DAN GAYA HIDUP DENGAN STATUS GIZI AKSEPTOR KB PIL DI WILAYAH PUSKESMAS PERAK TIMUR SURABAYA

Devi Noaritasari, 131411131077 (2019) HUBUNGAN DUKUNGAN SUAMI DAN GAYA HIDUP DENGAN STATUS GIZI AKSEPTOR KB PIL DI WILAYAH PUSKESMAS PERAK TIMUR SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (59kB)
[img] Text (daftar isi)
daftar isi.pdf

Download (31kB)
[img] Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf

Download (73kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf

Download (1MB)
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Keluarga berencana merupakan salah satu kebijakan pemerintah Indonesia yang bertujuan mengendalikan pertumbuhan populasi. Salah satu program KB yang menerapkan metode kontrasepsi hormonal adalah KB pil. Mekanisme kerja KB pil dengan cara esterogen dan progesteron yang menghambat ovulasi namun progesteron memicu peningkatan nafsu makan dan mempengaruhi metabolisme gula menjadi lemak sehingga dapat memberikan efek samping berupa perubahan status gizi pada penggunanya. Perubahan status gizi akseptor KB pil tidak hanya dipengaruhi oleh farmakokinetik pil namun juga perilaku. Penelitian ini menganalisis faktor dukungan suami dan gaya hidup dalam pendekatan teori Lawrence W. Green untuk mengidentifikasi perilaku akseptor KB pil yang mempengaruhi status gizi. Metode: Desain penelitian yang digunakan adalah cross-sectional. Populasi penelitian adalah akseptor KB pil di wilayah Puskesmas Perak Timur. Seratus dua responden dipilih melalui teknik probability sampling. Variabel independen dukungan suami dan gaya hidup. Variabel dependen status gizi akseptor KB pil. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan Spearman's rho. Hasil: Hasil menunjukkan dukungan suami memiliki hubungan dengan status giai akseptor KB pil (p=0,000 r=0,749) dan gaya hidup memiliki hubungan dengan status gizi akseptor KB pil (p=0,000 r=0,796). Pembahasan: Dukungan suami dan gaya hidup mempengaruhi status gizi akseptor KB pil. Semakin besar dukungan suami yang diberikan dan semakin sehat gaya hidup yang diterapkan maka akan memberikan pengaruh terhadap status gizi akseptor KB pil yang lebih baik. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai desain program intervensi untuk mempertahankan status gizi normal di masyarakat dalam penelitian lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP N 69/19 Noa h
Uncontrolled Keywords: pill contraceptive, nutritional status, partner support, lifestyle
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG133-137.6 Conception. Artificial insemination. Contraception
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Devi Noaritasari, 131411131077UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNi Ketut Alit Armini, Dr., S.Kp., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2019 07:11
Last Modified: 10 Jul 2019 07:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/84826
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item