PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP KESEHATAN REPRODUKSI SISWA KELAS VIII SMP

TIFFANI ROSITA, 131411131020 (2019) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP KESEHATAN REPRODUKSI SISWA KELAS VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (175kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (187kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (194kB)
[img] Text
full text.pdf

Download (2MB)
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Masa remaja merupakan masa transisi yang ditandai dengan perubahan fisiologis, psikologis dan perubahan sosial yang sangat signifikan sehingga menyebabkan remaja harus menghadapi perubahan permasalahan kesehatan termasuk kesehatan reproduksi. Metode pembelajaran make a match merupakan salah satu cooperative learning yang bisa membantu menyelesaikan masalah kesehatan reproduksi ini sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh metode pembelajaran make a match terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap kesehatan reproduksi siswa kelas VIII SMP. Metode: Desain penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan pre-post test group. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner, populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Panca Jaya dan Bahrul ulum yang berjumlah 160 siswa dan sampel yang digunakan yaitu 2 kelas yang berjumlah 64 siswa dan dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok perlakuan dan kelompok kontrol, pemilihan responden menggunakan teknik simple random sampling. Variabel independen metode pembelajaran make a match Variabel dependen pengetahuan dan sikap kesehatan reproduksi. Data dianalisis dengan Wilcoxon Signed Rank Test dan Mann Whitney Test dengan nilai signifikan ≤ 0,05. Hasil: hasil uji Wilcoxon signed Rank test pada kelompok perlakuan sesudah diberikan pembelajaran metode make a match didapatkan pengetahuan (p=0,000) dan sikap (p=0,000) yang menunjukkan adanya pegaruh metode pemeblajaran make a match dengan peningkatan pengetahuan siswa. Pada kelompok kontrol pengetahuan (p=0,715) dan sikap (p=1,000). Hasil uji Mann Whitney Test antara kelompok perlakuan dan kontrol didapatkan pengetahuan (p=0,000) dan sikap (p=0,000). Diskusi dan Kesimpulan: hasil menunjukkan bahwa metode pembelajaran make a match efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap kesehatan reproduksi siswa kelas VIII SMP. Metode pembelajaran make a match ini dapat diterapkan sebagai salah satu metode untuk promosi kesehatan khususnya tentang kesehatan reproduksi pada siswa SMP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP N 105/19 Ros p
Uncontrolled Keywords: Make a match, reproductive health, Adolescent
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ793-799.2 Youth. Adolescents. Teenagers
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
TIFFANI ROSITA, 131411131020UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMakhfudi, Dr., S.Kep.Ns., M.Ked.TropUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 18 Jul 2019 02:45
Last Modified: 18 Jul 2019 02:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/85174
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item