PENGARUH SOCIAL COMPARISON TERHADAP ONLINE SELF PRESENTATION PADA PENGGUNA MEDIA SOSIAL

ADINDA DENISA, 111311133171 (2019) PENGARUH SOCIAL COMPARISON TERHADAP ONLINE SELF PRESENTATION PADA PENGGUNA MEDIA SOSIAL. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (48kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (66kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (315kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 14 August 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh social comparison terhadap online self presentation pada pengguna media sosial remaja di Surabaya. Self presentation didefinisikan sebagai upaya yang dilakukan oleh individu dimana individu menampilan kesan berdasarkan apa yang mereka lihat pada dirinya dan berdasrkan apa yang ia harapkan orang lain melihat dirinya (Goffman, 1959). Sedangkan, online self presentation merupakan self presentation yang terjadi pada ruang ruang lingkup media sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey, penelitian ini dilakukan pada 139 remaja di Surabaya. Alat pengumpulan data berupa kuesioner skala social comparison yang disususn oleh Gibbons, F. X., & Buunk, B. P. (1999) dan skala self presentatinal yang disusun oleh Lee, S. J. Quigley, B. M. Nesler, S. M. Corbett, A. M. & Tedeschi, T. J. (1999) kedua alat ukur ini telah disesuaikan dengan konteks media sosial dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh responden remaja. Skala social comparison terdiri dari 11 aitem dengan reabilitas sebesar 0,786, dan skala self presentation terdiri dari 23 aitem dengan reabilitas 0,870. Analisis data untuk menguji pengaruh social comparison terhadap online self presentation menggunakan uji regresi sederhana dengan menggunakan bantuan IBM SPSS Statistics 25. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diketahui bahwa social comparison secara signifikan berpengaruh terhadap self presentation pada pengguna media sosial di Surabaya. Pengaruh variabel social comparison terhadap self presentation sebesar 21,4%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Psi 154/19 Den e
Uncontrolled Keywords: Self presentation, Social comparison, media sosial
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
ADINDA DENISA, 111311133171UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Rahkman Ardi, M.Psych, '0019058201UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 14 Aug 2019 08:40
Last Modified: 14 Aug 2019 08:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/85828
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item