PERAN PEMBIAYAAN PRODUK ARRUM BPKB PT PEGADAIAN SYARIAH DALAM MENGEMBANGKAN UMKM DI KOTA SURABAYA (Studi Kasus PT Pegadaian Syariah Kantor Unit Kutai Surabaya)

MUH NOVRIANSYAH, 041511433183 (2019) PERAN PEMBIAYAAN PRODUK ARRUM BPKB PT PEGADAIAN SYARIAH DALAM MENGEMBANGKAN UMKM DI KOTA SURABAYA (Studi Kasus PT Pegadaian Syariah Kantor Unit Kutai Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRACT)
ABSTRACT .pdf

Download (30kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf

Download (31kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI .pdf

Download (56kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FEB EI 118_19 Nov p.pdf
Restricted to Registered users only until 19 September 2022.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (119kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pembiayaan produk ARRUM BPKB yang dikelola oleh PT. Pegadaian Syariah berperan dalam mengembangkan UMKM di Kota Surabaya. Prinsip Pengembangan digunakan dalam mengukur pengembangan UMKM dari nasabah PT. Pegadaian Syariah yang meliputi standar fasilitas, standar bimbingan dan standar pembiayaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara langsung, dokumentasi dan observasi. Teknik purposive digunakan dalam menetukan unit analisis. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis naratifdeskriptif yaitu mendeskripsikan hasil wawancara dan observasi langsung. Kemudian untuk mengetahui keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi dengan mencocokan hasil temuan data primer dan data sekunder. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembiayaan produk ARRUM BPKB yang dikelola oleh PT. Pegadaian Syariah berperan dalam standar fasilitas dalam bentuk peningkatan aset serta sarana dan prasarana, kemudian dalam standar bimbingan adanya bentuk peningkatan pengetahuan tentang kiat-kiat dalam wirausaha, kemampuan manajemen, kemampuan akuntansi dan kemampuan pemasaran, serta peran dalam standar pembiayaan dalam bentuk peningkatan omzet usaha yang berakibat berkembangnya usaha yang dimiliki nasabah PT. Pegadaian Syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 FEB EI 118/19 Nov p
Uncontrolled Keywords: Pegadaian Syariah, Produk ARRUM BPKB, UMKM.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
MUH NOVRIANSYAH, 041511433183UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Herianingrum, 0007026907UNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 19 Sep 2019 03:02
Last Modified: 19 Sep 2019 03:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87050
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item