FANATISME FANDOM A.R.M.Y. (ADORABLE REPRESENTATIVE M.C. FOR YOUTH) TERHADAP BOYBAND KOREA SELATAN, BANGTAN SONYEONDAN (BTS) DI SURABAYA

SYARAH ANIRA GHAZWANI, 071511533078 (2019) FANATISME FANDOM A.R.M.Y. (ADORABLE REPRESENTATIVE M.C. FOR YOUTH) TERHADAP BOYBAND KOREA SELATAN, BANGTAN SONYEONDAN (BTS) DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (68kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (211kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fis k 56 19 Gha f.pdf
Restricted to Registered users only until 20 September 2022.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL_SYARAH ANIRA GHAZWANI_071511533078.PDF.pdf

Download (285kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengenai fanatisme fandom A.R.M.Y. (Adorable Representative M.C. For Youth), salah satu kelompok penggemar K-Pop di Surabaya, terhadap Boyband Korea Selatan, Bangtan Sonyeondan (BTS) sebagai idola mereka. Informan penelitian ini adalah individu yang tergabung menjadi anggota kelompok fandom A.R.M.Y. Surabaya dengan rentang usia 15-24 tahun. Penelitian ini dilakukan karena peneliti ingin mengetahui bentuk-bentuk fanatisme yang yang dilakukan fans, dalam hal ini kelompok fandom A.R.M.Y., terhadap Boyband Korea Selatan, Bangtan Sonyeondan (BTS) serta implementasi fanatisme para fanboys dan fangirls dalam keseharian mereka. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus dan teknik pengumpulan data berupa observasi partisipan. Penelitian ini menjadi penting untuk dilakukan karena budaya pop Korea Selatan (Hallyu) termasuk K-Pop telah lama digemari di Indonesia dan telah membentuk fandom yang memiliki fanatisme terhadap idolanya. Kegemaran atas budaya K-Pop di Indonesia tidak terlepas dari peran media yang melakukan distribusi budaya populer secara global. Peneliti berasumsi bahwa pertumbuhan pasar K-Pop yang pesat dapat membawa dampak bagi yang mengkonsumsi, salah satunya ialah fanatisme. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa bentuk fanatisme yang diciptakan oleh A.R.M.Y. Surabaya mencangkup 5 karakteristik fanatisme. Dengan menjadi seorang fans, A.R.M.Y. Surabaya mendedikasikan seluruh sumber daya yang mereka miliki untuk mengekspresikan kecintaannya terhadap idolanya yakni BTS. Namun, fanatisme yang dibentuk oleh A.R.M.Y. Surabaya, tidak dapat sepenuhnya diterima oleh masyarakat. Respon dari fanatisme tersebut menyebabkan terjadinya bullying antara A.R.M.Y. Surabaya dengan orang disekitarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS K 56/19 Gha f
Uncontrolled Keywords: Budaya Populer, Fanatisme, K-Pop fandom, Fans Club
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q223-227 Communication in Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
SYARAH ANIRA GHAZWANI, 071511533078UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorProf.Dra.Rachmah Ida,M.Com.,Ph.D., NIDN: '0024056901UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 20 Sep 2019 04:23
Last Modified: 20 Sep 2019 04:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87145
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item