Rizal Pratama Putera, 071211532008 (2019) GAYA HIDUP LAKI-LAKI DALAM MEDIA SOSIAL (ANALISIS SEMIOTIKA AKUN INSTAGRAM KLUB MOTOR CONEXS). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text
ABSTRAK.pdf Download (921kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (58kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (110kB) |
|
Text (FULLTEXT)
Fis k 77 19 Put g.pdf Restricted to Registered users only until 20 September 2022. Download (921kB) | Request a copy |
|
Text
JURNAL - RIZAL PRATAMA PUTERA - 071211532008.pdf Download (213kB) |
Abstract
Klub Motor Conexs merupakan salah satu klub motor dengan kapasitas mesin yang besar yang identik dengan gaya hidup laki-laki dan maskulinitas. Klub motor ini beranggotakan pemotor (biker) dengan rata-rata kapasitas mesin di atas 600cc. Klub motor ini dibentuk di Sidoarjo pada tahun 2010. Berbagai kegiatan rutin telah diadakan oleh klub motor ini, diantaranya menjelajah jalan, touring, kopdar, dan beberapa aktivitas sosial dan keagamaan. Selama kegiatan anggota dari klub motor ini mengambil beberapa foto untuk diunggah di instagram yang akan menjadi bahan penelitian ini. Foto-foto tersebut menyiratkan gaya hidup laki-laki. Manfaat penelitian ini yaitu dapat memberikan penjelasan mengenai penggambaran gaya hidup laki laki pada klub motor Conexs Sidoarjo yang di tampilkan dalam akun instagram, dapat menambah literatur mengenai analisis gaya hidup dengan semiotik pada foto dalam sosial media. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana penggambaran gaya hidup laki laki pada klub motor Conexs Sidoarjo yang di tampilkan dalam akun instagram? Media sosial ialah salah satu wadah membangun citra diri individu di depan individu lain. Pembangunan popularitas serta eksistensi diri tersebutlah yang membuahkan kepuasan tersendiri bagi mayoritas orang (Puntoadi, 2011). Instagram merupakan salah satu dari media sosisal atau jejaring media. Instagram juga bisa menampilkan foto-foto dengan instan dalam tampilannya. Sementara itu, untuk kata “gram” diperoleh dari kata “telegram”, yang fungsinya untuk menyampaikan informasi kepada orang lain secara cepat. Klub motor merupakan sebuah organisasi yang bergerak di bidang otomotif khususnya roda dua. Penelitian ini menggunakan metode semiotik dengan melakukan representasi terhadap foto yang merupakan sasaran penelitian. Hasil dari penelitian ini yaitu dalam foto instagram Klub Motor Conexs Sidoarjo terdapat sign, object, dan interpretant. Pada tujuh foto, yang menjadi instrument penelitian ini, terdapat empat kategori model, diantaranya aktivitas klub, aktivitas sosial, kelas social, dan keagamaan. Indeks pada foto yang ditampilkan lewat tiga tanda, antara lain kata-kata yang berhubungan dengan foto, lewat foto lokasi, atribut yang dipakai dan benda-benda yang ada pada foto. Sementara simbol yang muncul adalah keterkaitan antara sepeda motor dan lokasi dengan identitas kelas sosial. Objek yang ditampilkan dalam foto instagram meliputi empat kegiatan yaitu aktivitas klub, aktivitas sosial, kelas sosial, dan keagamaan. Interpretand penelitian ini adalah foto dalam instagram menceritakan identitas Klub Motor Conex Sidoarjo sebagai klub motor yang memiliki beragam aktivitas sekaligus menunjukkan identitasnya sebagai klub motor dengan kelas sosial yang tinggi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FIS K 77/19 Put g | ||||||
Uncontrolled Keywords: | klub motor, gaya hidup, identitas, klub virtual, instagram | ||||||
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Dwi Marina | ||||||
Date Deposited: | 20 Sep 2019 07:54 | ||||||
Last Modified: | 20 Sep 2019 07:54 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87185 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |