Kendala Yang Dialami Account Receivable Dalam Proses Penagihan Dan Pembayaran Piutang Di Sheraton Surabaya Hotel Dan Towers

Rahma Arila Permatasari (2019) Kendala Yang Dialami Account Receivable Dalam Proses Penagihan Dan Pembayaran Piutang Di Sheraton Surabaya Hotel Dan Towers. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK FV.MP.44-19 PER K.pdf

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI FV.MP.44-19 PER K.pdf

Download (590kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA FV.MP.44-19 PER K.pdf

Download (754kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT FV.MP.44-19 PER K.pdf
Restricted to Registered users only until 24 September 2022.

Download (777kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Piutang usaha merupakan transaksi yang paling umum terjadi atas penjualan barang atau jasa secara kredit. Penjualan barang atau jasa secara kredit dapat menguntungkan calon pembeli dan menyebabkan peningkatan calon pembeli karena mereka tidak diharuskan membayar langsung atas transaksi yang mereka lakukan. Dalam mengelola piutang tentu ada kendalanya. Kendala yang dialami oleh account receivable pada saat proses penagihan dan pelunasan piutang yaitu, pemabayaran tidak tepat waktu, kesalahan dalam penulisan invoice yang dibuat, dan tidak terdeteksinya pembayaran yang sudah dilakukan oleh perusahaan. Kendala yang terjadi sangat menghambat kerja account receivable. Misalnya saja akan terjadi keterlambatan pengiriman invoice ke perusahaan, akibatnya akan terjadi keterlambatan pelunasan piutang dari perusahaan tersebut. Namun, kendala tersebut dapat di atasi dengan menggunakan aging schedule report. Aging schedule inilah yang membantu credit manager untuk melihat umur piutang dan perusahaan mana saja yang sudah over. Selain aging schedule repot, membuat statement account juga mampu mengatasi kendala yang ada. Statement account dikirimkan ke perusahaan satu minggu sekali untuk mengingatkan perusahaan tentang utang yang dimilikinya. Namun hal terpenting dalam mengatasi kendala tersebut adalah dengan berkoordinasi dengan department lain seperti front office, sales and marketing, food and beverage, dan housekeeping. Koordinasi kepada setiap department diperlukan agar tidak adanya keterlambatan guarantee letter, kurangnya bill yang harus ditagihkan ke perusahaan dan juga diskon yang harus diberikan ke perusahaan terkait dengan laundry.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.MP.44/19 Per k
Uncontrolled Keywords: Account receivable, piutang, hotel
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Manajemen Perhotelan
Creators:
CreatorsNIM
Rahma Arila PermatasariNIM151611113022
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Endah NurhidayatiNIDN0010127003
Depositing User: Ny Siti Sawanah
Date Deposited: 2015
Last Modified: 10 Feb 2020 04:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87354
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item