Makna Tayangan Iklan Situs Belanja Online Bagi Masyarakat Urban Muda di Kota Surabaya

Ahmad Nauval Aushofi, 071411431002 (2019) Makna Tayangan Iklan Situs Belanja Online Bagi Masyarakat Urban Muda di Kota Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ABSTRAK 1.pdf

Download (29kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (42kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FIS S 60 19 Aus m.pdf
Restricted to Registered users only until 25 September 2022.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL SKRIPSI AHMAD NAUVAL AUSHOFI.pdf

Download (250kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tayangan iklan situs belanja online memiliki makna tersendiri khusunya bagi masyarakat urban muda di kota Surabaya. Makna tersebut dapat dilihat dari seberapa sering melihat tayangan iklan situs belanja online dan seberapa sering menggunakan layanan atau aplikasi situs belanja online. Studi ini bertujuan untuk mengetahui makna tayangan iklan situs belanja online bagi masyarakat urban muda di kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan teori simulasi dan simulakra yang dikemukakan oleh Jean Baudrillard. Tipe penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan menggunakan teknik purposive sampling dalam penentuan informan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara wawancara mendalam dan partisipasi langsung di lapangan. Lokasi penelitian dilakukan di kota Surabaya dengan mendapatkan delapan orang informan pengguna layanan atau aplikasi situs belanja online. Hasil yang ditemukan melalui kedelapam informan dari penelitian ini yaitu tayangan iklan situs belanja online memiliki pengaruh yang sangat besar bagi masyarakat urban muda di kota Surabaya khususnya. Selain itu melihat tayangan iklan situs belanja online secara terus-menerus dapat membuat pola pikir masyarakat menjadi konsumtif dalam berbelanja. Simulasi juga terjadi pada tayangan iklan situs belanja online dengan menghadirkan model-model yang bersifat fantasi dan khayal semata-mata hanya untuk menarik masyarakat agar berbelanja serta menampilkan citra atau rekayasa yang berlebihan dalam mempromosikan barang dan jasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS S 60/19 Aus m
Uncontrolled Keywords: iklan, situs belanja online, masyarakat urban, simulasi dan simulakra
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Ahmad Nauval Aushofi, 071411431002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorProf.Dr.Bagong Suyanto,Drs.,M.Si., NIDN: '0006096604UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 25 Sep 2019 09:27
Last Modified: 25 Sep 2019 09:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87560
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item